HUBUNGAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

Authors

  • Nafilah Hamasah Muslimat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahel Gustina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Larasati Khairunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Johanna Rebecca Antonietta Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v2i1.155

Keywords:

Bahasa, Interaksi, Pembelajaran, Perkembangan, Psikolinguistik

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak sangat erat hubungannya dengan psikolinguistik anak. Perkembangan bahasa sendiri menjadi hal dasar dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Sehingga dari faktor lingkungan, perkembangan bahasa pada anak harus lebih diperhatikan. Orang tua harus mengetahui cara pembelajaran psikolinguistik dalam bahasa yang efektif untuk anaknya. Penelitian yang kami lakukan yaitu penelitian dengan metode survey untuk memperoleh data dan informasi. Data yang kami peroleh dari survei dan literatur yang kami baca akan kami analisis lalu hasil tersebut akan kami simpulkan. Tujuan dari penelitian yang kami bahas yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa pada anak, peran lingkungan dan orang tua serta kendala apa yang dialami oleh anak dalam perkembangan bahasanya. Ketiga hal tersebut sangat penting diperhatikan karena jika anak tidak diberikan pembelajaran bekal dan psikologi bahasanya, hal ini dapat berpengaruh pada interaksi anak dengan lingkungan. Peran psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa sangat penting karena dengan memahami psikolinguistik, seseorang yang sudah dewasa dapat memahami proses yang terjadi dalam diri anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan awal, seperti bagaimana sang anak menyimak, berbicara, membaca, ataupun menulis sehingga manakala kemampuan dalam keterampilan berbahasanya bermasalah, orang dewasa dapat melihat dari sudut pandang psikologi sebagai alternatif solusinya.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Muslimat, N. H. ., Gustina, R. ., Khairunnisa, L. ., & Antonietta, J. R. . (2023). HUBUNGAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. Jurnal Gesi, 2(1). https://doi.org/10.38156/gesi.v2i1.155

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.