HUBUNGAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v2i1.155Keywords:
Bahasa, Interaksi, Pembelajaran, Perkembangan, PsikolinguistikAbstract
Perkembangan bahasa pada anak sangat erat hubungannya dengan psikolinguistik anak. Perkembangan bahasa sendiri menjadi hal dasar dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Sehingga dari faktor lingkungan, perkembangan bahasa pada anak harus lebih diperhatikan. Orang tua harus mengetahui cara pembelajaran psikolinguistik dalam bahasa yang efektif untuk anaknya. Penelitian yang kami lakukan yaitu penelitian dengan metode survey untuk memperoleh data dan informasi. Data yang kami peroleh dari survei dan literatur yang kami baca akan kami analisis lalu hasil tersebut akan kami simpulkan. Tujuan dari penelitian yang kami bahas yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa pada anak, peran lingkungan dan orang tua serta kendala apa yang dialami oleh anak dalam perkembangan bahasanya. Ketiga hal tersebut sangat penting diperhatikan karena jika anak tidak diberikan pembelajaran bekal dan psikologi bahasanya, hal ini dapat berpengaruh pada interaksi anak dengan lingkungan. Peran psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa sangat penting karena dengan memahami psikolinguistik, seseorang yang sudah dewasa dapat memahami proses yang terjadi dalam diri anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan awal, seperti bagaimana sang anak menyimak, berbicara, membaca, ataupun menulis sehingga manakala kemampuan dalam keterampilan berbahasanya bermasalah, orang dewasa dapat melihat dari sudut pandang psikologi sebagai alternatif solusinya.