DAMPAK EFIKASI DIRI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SANTRI
Keywords:
Efikasi Diri, Kejenuhan Belajar, SantriAbstract
Kejenuhan belajar adalah keadaan emosi yang terjadi pada seseorang ketika merasa lelah, lesu atau bosan karena tuntutan belajar yang meningkat, sehingga menyebabkan mereka kurang bersemangat atau tidak tertarik dalam kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efikasi diri mempengaruhi kejenuhan belajar santri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah santri madrasah diniyah kelas 6 Pondok Pesantren Ngalah. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri dan kejenuhan belajar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling kepada 81 santri. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil perhitungan menunjukkan nilai F sebesar 182,971 dengan tingkat signifikansi 0,000 (p < 0,05). Artinya, efikasi diri berpengaruh terhadap kejenuhan santri dalam belajar.
References
Amalia. (2017). Pengaruh Hardiness Dan Efikasi Diri Terhadap Regulasi Diri. Psikoborneo, 5(4), 521–530.
Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418
Efendi, R. (2013). Self Efficacy: Studi Indigenous pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2).
Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 4(1), 25–36.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2017). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Harnida, H. (2015). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Perawat. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(01), 31–43.
Hartawati, D., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan Antara Self-efficacy Dengan Burnout Pada Pengajar Taman Kanak-kanak Sekolah “X” Di Jakarta. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(2).
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology, 52(1), 397–422. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.397
Nopriani, U., Syahriman, & Herawati, A. A. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk terhadap Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Triadik, 20(1), 10–19.
Permatasari, D., Latifah, L., & Pambudi, P. R. (2021). Studi Academic Burnout dan Self-Efficacy Mahasiswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7418
Permatasari, N., Sutanto, L., & Ismail, N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Kejenuhan Akademik: Studi Empiris Pembelajaran Daring Semasa COVID-19. Jurnal Sosio Sains, 7(1), 36–50.
Rahmati, Z. (2015). The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level of Self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 49–55. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.087
Rumapea, L. R. R., & Rahayu, M. N. M. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Academic Burnout pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta, 8(1).
Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Academic Burnout Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nusantara of Research, 8(2), 104–119.
Schaufeli, W. B., Martinez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Bakker, A. B. (2002). Burnout and Engagement in University Students: A Cross-National Study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 22(5), 464–481.
Slivar, B. (2001). The Syndrome of Burnout, Self-Image, and Anxiety with Grammar School Students. Psiholoöka obzorja / Horizons of Psychology, 10(2), 21–32.
Wasito, A. A., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Academic Self-efficacy terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 112–119.