STRATEGI MANAJEMEN, ANALISA SWOT KEUNGGULAN KOMPETITIF KEMAMPUAN BERTAHAN DAN BERTUMBUH PERUSAHAAN DEALER PT. MITRA PHINASTIKA MUSTIKA
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v3i3.178Keywords:
Dealer Kendaraan Sepeda Motor, Manajemen Strategik, SWOT Keunggulan Kompetitif, Kemampuan Bertahan, Kemampuan BertumbuhAbstract
Penjualan dalam negeri sepeda motor di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang signifikan, dengan metode pembiayaan konservatif maupun dengan metode pembiayaan Multi Finance atau Leasing. Diantara kedua data capaian total penjualan sepeda motor dengan metode pembiayaan tersebut diatas, terdapat suatu aktifitas yang sangat penting dan pempengaruh keduanya yaitu kegiatan penjualan langsung kepada konsumen berupa Perusahaan Dealer sepeda bermotor. Peran Dealer tersebut menjadikan penting untuk target target penjualan langsung pada konsumen yang akan membentuk performa capaian dealer. Sebagai Perusahaan maka perlu dilakukan evaluasi manajemen dalam Langkah penentuan Strategi Manajemen peningkatan kemampuan bertahan dan tumbuh dalam perannya mencapai prestasi penjualan kedepan. Langkah awal manajemen Strategi melakukan pengembangan Visi Misi 2024, yang menjadi acuan bagi arah strategi organisasi dan membantu perusahaan untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dan unggul (PPM School, 2023). Awal peninjuaun dengan melakukan analisis lingkungan (lingkungan eksternal dan internal), formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi dan kontrol. Pada Jurnal ini dilakukan penilaian Lingkungan Internal SAP (Internal Advantage Profile) lanjut didapatkan IFE (Internal Factor Evaluation) Matrix, Penilaian Lingkungan Eksternal ETO (Environmental Threats and Opportunity Profile) melanjutkan External Factor Evaluation (EFE) Matrix, terakhir adalah Matcing Stage berupa Internal dan Eksternal Matrix. Competitive Profile di kumpulkan hasil survey dilengkapi dengan Key Success Factors (KSF) dalam Competitive Profile Matrix (CPM). Terakhir Proses menghasil Posistioning Stage berupa Rekomendasi Formula Strategi menggunakan Analisa SWOT dan QSPM.
References
Cahya, W. (2020). ANALISIS SWOT TERHADAP PT. CHANDRA SAKTI UTAMA LEASING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PEMBIAYAAN ALAT BERAT. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI). https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i1.104
Denan, N. (2018). Strategy BMT Al-Ittihad Using Matrix IE, Matrix SWOT 8K, Matrix Space And Matrix Twos. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah. https://doi.org/10.30651/jms.v3i1.1357
Erica, D., Hoiriah, H., & Vidada, I. A. (2023). Analisa SWOT dengan Matriks IFE & EFE pada Tokopedia. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS). https://doi.org/10.33476/jobs.v3i2.2680
Fitri Anggreani, T. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWOT: STRATEGI PENGEMBANGAN SDM, STRATEGI BISNIS, DAN STRATEGI MSDM (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588
Hatta, I. H., Riskarini, D., & Ichwani, T. (2019). Business Development Strategy Model of SMEs Through SWOT and EFE-IFE Analysis. Shirkah: Journal of Economics and Business. https://doi.org/10.22515/shirkah.v3i1.204
Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id.
Oktavian, R., & Aminuddin, L. H. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research.
Vety Nur Fitriana, Wulandari, S.E., M.M, & Anoki Herdian Dito. (2023). Analisis SWOT Dan SAP – ETOP Pemasaran Buah Lokal PT Hortimart Agro Center. Applied Research in Management and Business. https://doi.org/10.53416/arimbi.v22i2.123
Wijayanti, A., & Kusdiyanta, A. (2019). Cooperative Skills Improvement Through Mind Mapping Assisted Pair Check Peningkatan Keterampilan Kooperatif Melalui Pair Check Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i3.2927