PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH IBU RUMAH TANGGA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.113Kata Kunci:
Ekonomi, Ibu Rumah Tangga, Media SosialAbstrak
Pembangunan ekonomi di suatu daerah dapat dilihat dari pendapatan rumah tangga masyarakat di daerah tersebut. Seiring dengan bertambahnya populasi masyarakat tentunya disertai dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ini memungkinkan untuk bertambahnya peluang dalam pembangunan ekonomi suatu daerah. Di saat pandemi Covid-19 ini, pemerintah terpaksa memberlakukan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) demi menjaga keselamatan masyarakat. Hal ini mengakibatkan ekonomi menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan ini mengakibatkan krisis ekonomi di berbagai daerah, tidak terkecuali di Kota Denpasar. Banyak usaha-usaha yang harus ditutup sehingga PHK tidak terhindarkan. Peran Ibu Rumah Tangga yaitu mengelola keuangan keluarga, untuk membangun kesejahteraan keluarga. Disaat para kepala keluarga, yaitu suami mengalami PHK atau harus gulung tikar usahanya, seorang istri harus memiliki trik, agar kesejahteraan dapat terwujud dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah salah satunya dengan jualan online. Apalagi dengan berkembangnya dunia digital dan internet, tren bisnis sebagian besar beralih dari konvensional (offline) menjadi digital (online).