ANALISIS SWOT : IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA USAHA RUMAH TANGGA WANITA
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.117Kata Kunci:
usaha rumah tangga, SWOT, marketing mix, strategi pemasaran, modelAbstrak
Sektor ekonomi merupakan salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi covid 19 selain sektor kesehatan. Usaha rumah tangga merupakan salah satu sektor informal dalam perekonomian yang juga terkena dampak dari adanya pandemi Covid 19. Demi keberlangsungan usaha rumah tangga, khususnya usaha rumah tangga yang dikelola oleh kaum wanita, perlu disusun strategi agar usahanya dapat tetap survive. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengembangkan model strategi pemasaran ditinjau dari sisi Marketing Mix pada usaha rumah tangga yang dijalankan oleh kaum wanita di Kelurahan Lontar Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya pada masa pandemi Covid 19.Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2021. Sampel ditentukan secara purposive sampling. Untuk pengembangan model tersebut, maka penelitian ini didahului dengan analisis SWOT yaitu suatu analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis SWOT menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha rumah tangga tersebut, fokusnya pada product, price, place dan promotion, yang merupakan unsur dari Marketing Mix. Dengan model implementasi strategi marketing mix yang disusun, diharapkan eksistensi dari usaha dapat terwujud. Berdasarkan hasil analisis SWOT, dengan fokus pada bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi product, price, place dan promotion, maka model implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha rumah tangga adalah dengan menerapkan diversifikasi produk, diversifikasi ukuran produk, meningkatkan stock/volume penjualan dengan memperluas pangsa pasar, mempertahankan layanan antar barang tanpa ada tambahan biaya serta meningkatkan promosi melalui Whats App sebagai media promosi yang dinilai sangat efektif.