STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA KEBUN TEH WONOSARI, MALANG
STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA KEBUN TEH WONOSARI, MALANG
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.142Kata Kunci:
Ecotourism, Development, StrategyAbstrak
Pengembangan pariwisata berbasis lingkungan atau ekowisata dapat menjadi pedoman dalam melakukan pemanfaatan sektor pariwisata dan dapat digunakan sebagai daya tarik suatu daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisa Strategi pengembangan Ekowisata Kebun Teh Wonosari, Malang, Untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Ekowisata Kebun Teh Wonosari, Malang dan Untuk menganalisa upaya pengembangan Ekowisata Kebun Teh Wonosari, Malang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi Peneliti melakukan wawancara kepada Staff Pengelola Ekowisata, Marketing dan Promosi Ekowisata Kebun Teh Wonosari, Malang dan wisatawan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Strategi pengembangan ekowisata Kebun Teh Wonosari, Malang yaitu pengembangan destinasi, pengembangan pemasaran, pengembangan industri dan pengembangan kelembagaan, Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Ekowisata Kebun Teh Wonosari, Malang terdiri dari aksesibilitas, fasilitas, sumber daya manusia dan promosi, upaya yang dilakukan untuk pengembangan ekowisaata yaitu Memberikan pengalaman dan Pendidikan kepada wisatawan, Memperkecil dampak negatif yang bisa merusak karakteristik lingkungan dan kebudayaan pada daerah yang dikunjungi. Mengikutsertakan masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaannya. Memberikan keuntungan ekonomi terutama kepada masyarakat lokal, untuk itu, kegiatan ekowisata harus bersifat profit (menguntungkan). Dan Dapat terus bertahan dan berkelanjutan