REPRESENTASI FEMINISIME DI DALAM LAGU-LAGU TAYLOR SWIFT

Penulis

  • Cindy Putri
  • Shanty A.Y.P.S Duwila
  • Maria Sabriana

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.143

Kata Kunci:

Feminisme, Gender, Lirik Lagu, Taylor Swift

Abstrak

Reformasi bahasa feminis atau perencanaan bahasa feminis mengacu pada upaya, seringkali gerakan politik dan akar rumput, untuk mengubah bagaimana bahasa digunakan untuk gender orang, kegiatan dan ide pada tingkat individu dan masyarakat. Bahasa dalam bentuk kata, frasa, dan klausa untuk menggambarkan perempuan sebagai pemicu atau objek kekerasan dalam rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis feminisme dan bagaimana feminisme tersebut tergambar dalam lirik lagu Taylor Swift. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik analisis isi untuk menginterpretasikan data. Sumber data diambil dari tujuh lagu Taylor Swift yang berjudul: Look What You Made Me Do, The Man, I Forgot That You Existed, You Need to Calm Down, I Did Something Bad, Mad Woman, dan Long Story Short. Data-data tersebut adalah frasa atau kalimat yang mengandung penggambaran perempuan sebagai objek. Langkah-langkah prosedur analisis data adalah: 1) menyoroti frasa atau kalimat yang mengandung peran perempuan, 2) mengklasifikasikan frasa atau kalimat berdasarkan jenis feminisme, 3) menafsirkan data, dan 4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lagu Taylor Swift menggambarkan feminisme liberal dan Taylor Swift mengekspresikan feminisme liberal melalui lirik yang menunjukkan perjuangan perempuan untuk memerangi dominasi, mengejar tujuannya, dan mengekspresikan emansipasi perempuan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Putri, C., A.Y.P.S Duwila, S., & Sabriana, M. (2022). REPRESENTASI FEMINISIME DI DALAM LAGU-LAGU TAYLOR SWIFT. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 9(01), 233–240. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.143