ANALISIS BISNIS MEDIA ONLINE “KOMPAS.COM”

Penulis

  • Ahmad Hafizh Maulana
  • Tri Prasetijowati

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.148

Abstrak

Media Online Kompas.com merupakan salah satu portal berita online pertama yang diluncurkan pada 14 September 1995. Profile visit Kompas.com juga tumbuh begitu pesat, dengan adanya pengguna internet di Indonesia. Kompas memahami jika yang dibutuhkan pembaca saat mengakses laman mereka bukan hanya mencari berita, namun juga kenyamanan saat membaca. Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian kepustakaan. Pada penelitian kepustaan ini data penelitian diambil dan digabungkan dari sumber yang berupa  jurnal, artikel website dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Kompas.com memiliki berbagai platform mulai dari website, sosial media dan aplikasi mobile untuk memberikan akses informasi kepada konsumen secara gratis. Pada penelitian ini menggunakan analisis bisnis model canvas untuk mengetahui strategi Kompas.com dalam menjalankan bisnis media online mereka. Analisis bisnis model canvas ini meliputi Customer Segments, Value Proposition, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partners, Cost Structure.

Kata Kunci : Media Online, Bisnis Model Canvas, Kompas.com

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Maulana, A. H., & Prasetijowati, T. . (2022). ANALISIS BISNIS MEDIA ONLINE “KOMPAS.COM”. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 9(01), 223–232. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.148