PENGARUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID 19 DENGAN METODE KUALITATIF

Penulis

  • SHINTA NURIYAH Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Yeni Lutfiatin Dewi Aisyah Universitas Wijaya Putra
  • Alfira Ayu Talita Umma [email protected]
  • Ardianti Agustin Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.153

Kata Kunci:

orang tua, pembelajaran, covid-19

Abstrak

Dunia sedang menghadapi wabah besar yaitu covid 19, Indonesia juga menjadi salahsatu negara yang terpapar virus ini. Semua aspek kehidupan berubah dari kondisi normal, banyak kegiatan terhenti salah satunya adalah proses belajar disekolah. Kegiatan belajar siswa disekolah berpindah menjadi kegiatan belajar dirumah. Orang tua menggantikan peran guru disekolah dalam membimbing dan mendampingi selama proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orang tua dalam  pembelajaran di rumah selama pandemi covid 19, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara kepada subjek penelitian yaitu orangtua, subjek penelitian melibatkan 3 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan Temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh bahwasanya Orang tua  dalam  pembelajaran siswa  dirumah selama pandemi covid 19  dikatakan memiliki pengaruh  saat orang tua membantu anak dalam pembelajaran dirumah selama pandemi covid 19 yang berarti bahwa peran orang tua sangat di perlukan untuk proses pembelajaran anak selama study from home ini, peran orang tua cukup besar dalam pembelajaran bukan hanya menjadi pendamping tetapi juga pendidik yang menggantikan peran guru disekolah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

NURIYAH, S., Aisyah, Y. L. D., Umma, A. A. T., & Agustin, A. . (2022). PENGARUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID 19 DENGAN METODE KUALITATIF. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 9(01), 174–178. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.153