PENGARUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID 19 DENGAN METODE KUALITATIF
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.153Kata Kunci:
orang tua, pembelajaran, covid-19Abstrak
Dunia sedang menghadapi wabah besar yaitu covid 19, Indonesia juga menjadi salahsatu negara yang terpapar virus ini. Semua aspek kehidupan berubah dari kondisi normal, banyak kegiatan terhenti salah satunya adalah proses belajar disekolah. Kegiatan belajar siswa disekolah berpindah menjadi kegiatan belajar dirumah. Orang tua menggantikan peran guru disekolah dalam membimbing dan mendampingi selama proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orang tua dalam pembelajaran di rumah selama pandemi covid 19, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara kepada subjek penelitian yaitu orangtua, subjek penelitian melibatkan 3 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan Temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh bahwasanya Orang tua dalam pembelajaran siswa dirumah selama pandemi covid 19 dikatakan memiliki pengaruh saat orang tua membantu anak dalam pembelajaran dirumah selama pandemi covid 19 yang berarti bahwa peran orang tua sangat di perlukan untuk proses pembelajaran anak selama study from home ini, peran orang tua cukup besar dalam pembelajaran bukan hanya menjadi pendamping tetapi juga pendidik yang menggantikan peran guru disekolah.