STRATEGI PEMBELAJARAN KOSAKATA MELALUI MEMBACA DI TINGKAT PENDIDIKAN SARJANA

Penulis

  • Ari Astutik UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • Yulis Setyowati

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.170

Abstrak

Mahasiswa di fakultas Program Sastra Inggris di Universitas Wijaya Putra, tampaknya mengembangkan setiap keterampilan bahasa secara terpisah khususnya keterampilan kosa kata (vocabulary), sehingga ini menghasilkan pembelajaran kosa kata yang kurang maksimal karena tidak sesuai dengan pengetahuan bacaan yang akan atau yang sedang mereka baca. Dengan mengembangkan strategi belajar kosakata melalui membaca, peneliti ingin mengarahkan mahasiswa agar mempunyai motivasi yang tinggi dalam membaca bermacam-macam literatur baik itu dalam bentuk buku ataupun jurnal ilmiah, karena dari membaca bahan-bahan bacaan tersebut maka akan meningkatkan keterampilan kosakata para mahasiswa secara bersamaan ketika proses membaca. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data serta kuesioner dirancang untuk mahasiswa; beberapa kegiatan membaca dirancang untuk mengeksplorasi strategi paling umum yang digunakan mahasiswa program studi sastra Inggris. Pesertanya seluruh mahasiswa semester I tahun ajaran 2022/2023 fakultas sastra inggris. Mereka dipilih secara acak untuk melakukan kegiatan atau kuesioner, mereka berpartisipasi secara bebas dalam prosedur penelitian untuk mengetahui tentang pendekatan mereka terhadap pembelajaran (vocabulary) kosa kata melalui kegiatan membaca. Hasil dalam penelitian ini adalah kebanyakan mahasiswa memilih menggunakan kamus sebagai alat bantu dalam meningkatkan kosakata mereka. Dari tiga strategi belajar vocabulary (kosakata) yaitu menebak dari konteks bacaan,  menganalisis afiks / awalan dan akar kata, serta yang terakhir adalah dengan menggunakan kamus. Strategi menggunakan kamus adalah strategi terbanyak yang dipilih mahasiswa dalam strategi belajar kosakata melalui membaca dengan total jumlah 59. Disusul dengan strategi yang ke dua yang dipilih mahasiswa adalah menebak dari konteks bacaan dengan total jumlah 54 dan strategi yang terakhir dipilih adalah menganalisiss afiks/awalan dan akar kata dengan total jumlah 4. Ketiga strategi belajar kosakata diatas digunakan untuk belajar kosakata dengan membaca bacaan dari tiga genre bacaan yang berbeda yakni academic reading, job related reading dan personal reading. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesadaran tentang strategi yang dapat membantu mahasiswa mengembangkan pembelajaran kosakata melalui keterampilan membaca secara lebih efektif. Keuntungan berbahasa Inggris yang baik dan benar akan membawa para mahasiswa menuju kesejahteraan di dalam hidup. Dengan mempunyai skill berbahasa inggris yang baik maka mereka akan mendapatkan kepuasan ditempat kerja karena dapat meningkatkan jenjang karier nya serta berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan secara finansial bahkan dapat mencapai jenjang karir yang lebih tinggi karena mereka dapat bekerjasama lebih mudah dengan perusahaan asing.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-23

Cara Mengutip

Astutik, A., & Setyowati, Y. . (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN KOSAKATA MELALUI MEMBACA DI TINGKAT PENDIDIKAN SARJANA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 9(01), 261–289. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.170