STUDI LITERATUR REGULASI DIRI MAHASISWI DENGAN PERAN GANDA TERKAIT MOTIVASI BERPRESTASI
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.183Kata Kunci:
Regulasi Diri, Mahasiswi dengan Peran Ganda, Motivasi BerprestasiAbstrak
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Pendidikan juga dikenal sebagai sebuah alat perkembangan dan merupakan hak bagi setiap individu, termasuk perempuan. Banyaknya wanita yang memiliki peran ganda, menjadi permasalahan sendiri ketika menjalankan peran tidak hanya sebagai mahasiswa, tetapi juga menjadi ibu rumah tangga dan wanita karir. Mahasiswa yang memiliki banyak peran sangat membutuhkan regulasi diri dalam belajar yang baik agar mendapatkan prestasi akademik yang baik. Guna mendapatkan hasil belajar yang baik diperlukan adanya motivasi yang tinggi. Individu dengan motivasi yang tinggi adalah individu yang perilakunya mengandung energi, memiliki arah, dan mampu mempertahankan perilaku tersebut. Salah satu kebutuhan yang mendasari motivasi adalah motivasi berprestasi. Tulisan ini akan mengkaji tentang fenomena regulasi diri mahasiswa dengan peran ganda terkait motivasi berprestasi.