GAYA HIDUP HEDONIS DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.189Abstrak
Perkembangan online shop di Indonesia sangat pesat, baik itu melalui marketplace ataupun media social. Saat ini media social, terutama instagram semakin sering digunakan sebagai media untuk berjualan, karena lebih menarik fiturnya dan lebih mudah mempengaruhi para viewer. instagram mulai menjadi bagian dari gaya hidup para remaja khususnya para pelajar atau mahasiswa. Mereka menduplikat gaya seseorang yang menurutnya sangat baik dalam berpenampilan. Melihat apa yang dikenakan dan mencoba untuk menirunya dengan harapan bisa menjadi seperti yang ditirunya. Perilaku ini mendorong seseorang untuk membeli apapun yang digunakan oleh selebgram, bahkan ada yang mengarah pada perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswi psikologi Wijaya Putra Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan memperhatikan uji normalitas dan linieritas data, dan pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS 20. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan hasil olah data menunjukkan taraf signifikansi 0,007< 0,05. Hal ini memiliki arti bahwa ada pengaruh gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi universitas Wijaya putra.
Kata kunci : Hedonis, Perilaku Konsumtif