KONVEGRENSI MEDIA JURNALISME ONLINE PADA AKUN TIKTOK KOMPAS.COM DALAM MENSOSIALISASIKAN PEREMPUAN SEBAGAI COMMITTEE JURU BICARA G20 PRESIDENSI
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.149Kata Kunci:
Konvegrensi media tiktok, mensosialisasikan perempuan, G20 presidensiAbstrak
Kesetaraan gender adalah masalah yang nyata dan serius. Perempuan memiliki potensi yang sangat besar tetapi banyak ketimpangan dalam berbagai dimensi termasuk kurangnya akses dan kesempatan yang menjadikan kontribusinya tidak maksimal. Dengan berkembangnya teknologi diharapkan mampu mengembangkan sudut pandang lain dan memberikan hak hak yang setara antara pria dan wanita..Hal ini berkaitan dengan konvegerensi media dimana tiktok sebagai media baru dapat memberi ruang para creator untuk menyampaikan informasi,atau berita serta hiburan yang dikemas dalam satu konten menggunakan berbagai macam fitur yang tersedia guna menarik khalayak untuk menikmati konten yang telah disediakandan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh konvegrensi media jurnalisme online yang ada pada aplikasi tiktok @kompas.com dalam upaya mensosialisasikan perempuan.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif, dimana peneliti melakukan pengamatan mendalam /observasi,dan mengumpulkan informasi melalui dokumen,gambar,buku dan jurnal untuk mendapatkan hasil yang valid dan dapat diuji kebenarannya.
Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa akun kompas.com adalah salah satu contoh nyata adanya konvegrensi media jurnalistik melalui platfrom tiktok ,hal ini dibuktikan pada setiap postingannya kompas.com menautkan atau menyertakan link media lainnya seperti website kompas.com serta menautkan link-link seperti youtube,dan media sosaial lainnya,dimana 1 berita diunggah dalam beberapa media seklaigus guna meraih viewers lebih banyak dan lebih luas lagi . hal ini di maksudkan agar kompas.com dapat masuk ke segala platfrom dan dinikmati oleh lebih banyak pengguna dari berbagai kalangan.