REPRESENTASI PERILAKU MENYIMPANG DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH PADA FILM ‘BAD GENIUS THE SERIES’ (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

Penulis

  • Mu’alifatul Afifah
  • Solikhah Yuliatiningtyas
  • Zulaikha Zulaikha
  • Iwan Joko

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.205

Abstrak

Film “Bad Genius The Series” yang diproduksi oleh GDH Entertainment asal Thailand. Film yang terinspirasi dari kisah nyata mengenai kecurangan ujian yang dikemas secara kreatif dan menarik. Film yang merupakan gambaran dari realitas kehidupan social atau kondisi masyarakat yang menampilkan isu tentang pendidikan yang terjadi di Thailand serta dapat dirasakan juga di Indonesia. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana perilaku menyimpang dalam pendidikan sekolah direpresentasikan dalam film Bad Genus The Series. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi perilaku menyimpang dalam pendidikan di sekolah yang terdapat dalam film “Bad Genius The Series”. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa bentuk yang merepresentasikan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para siswa dalam “Bad Genius The Series” yaitu Melihat atau Menyontek jawaban milik orang lain, Memberikan jawaban ujian kepada teman yang lain, Menghindari dan tidak mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan untuk pelaksanaan ujian. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-17

Cara Mengutip

Afifah, M., Yuliatiningtyas, S. ., Zulaikha, Z., & Joko, I. . (2022). REPRESENTASI PERILAKU MENYIMPANG DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH PADA FILM ‘BAD GENIUS THE SERIES’ (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 9(01), 69–75. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.205