PENGARUH IKLAN E COMMERCE SHOPEE 11.11 DI TRANS TV TERHADAP PERILAKU MEMBELI PADA IBU TUMAH TANGGA DI DESA KARANGSOKO KEC. TRENGGALEK KAB. TRENGGALEK
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.206Abstrak
Komunikasi pemasaran terpengaruh oleh kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi internet di Indonesia diikuti oleh tumbuhnya perusahaan-perusahaan e-commerce. e-commerce yaitu perdagangan elektronik yang dimana seseorang dapat menyebarkan, membeli, dan menjual berbagai jenis produk. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh Iklan e commerce Shopee 11.11 di Trans TV Terhadap Perilaku Membeli Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Karangsoko Kec. Trenggalek Kab. Trenggalek. Jenis penelitian ini tergolong deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara survey berupa observasi dan penyebaran kuesioner terhadap 95 responden yang sebelumnya telah ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kemudian dilakukan berbagai uji statistika untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai thitung (4,503) > ttabel (0,212) serta nilai Fhitung 318,722 > Ftabel 3,07 yang berarti terdapat hubungan linear antara variabel X dan Y atau dapat dikatakan variabel Iklan E-commerce Shopee 11.11 di Trans TV berpengaruh Terhadap perilaku membeli pada ibu rumah tangga di Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,774. Dari nilai tersebut diperoleh koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 77,4 yang berarti pengaruh variabel bebas (iklan Shopee 11.11) terhadap variabel terikat (perilaku membeli pada ibu rumah tangga) adalah sebesar 77,4% sedangkan sisanya (100% - 77,4% = 22,6%) disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.