KOMUNIKASI KELOMPOK KOMUNITAS HONDA MEGA PRO CLUB CHAPTER BANYUWANGI (HMPC) DALAM MEMBINA SOLIDARITAS KELOMPOK
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.207Abstrak
Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Honda Mega Pro Club Chapter Banuwangi (HMPC) dalam membina solidaritas kelompok (Studi Deskriptif Pada Komunitas Honda Mega Pro Club Chapter Banuwangi (HMPC). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr Soetomo Surabaya. Klub motor adalah suatu wadah yang dapat menampung aspirasi serta keinginan para anggotanya. Setiap klub motor memiliki cara tersendiri dalam hal berkomunikasi, sama halnya dengan Honda Mega Pro Club Chapter Banuwangi (HMPC). Dalam membangun hubungan baik dan keakraban tentunya mereka memiliki pola komunikasi kelompok. Sehingga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi kelompok pada anggota klub Honda Mega Pro Club Chapter Banuwangi (HMPC). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi kelompok pada anggota klub motor Honda Mega Pro Club Chapter Banuwangi (HMPC). Metode yang digunakan ialah observasi dan wawancara anggota klub motor, serta dokumentasi sebagai bukti penelitian. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa pola komunikasi dalam klub motor ini lebih mengarah pada komunikasi multi arah, artinya antara anggota dan ketua dapat berkomunikasi secara langsung. Teori pola komunikasi (Effendy), digunakan untuk menganalisis hasil penelitian ini, yang meliputi pola komunikasi satu arah, komunikasi dua arah, dan komunikasi multi arah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa komunikasi multi arah dapat membangun keakraban dan solidaritas yang tinggi. Adapun saran dalam penelitian ini ialah klub motor Honda Mega Pro Club Chapter Banuwangi (HMPC) harus lebih mengutamakan komunikasi tatap muka daripada komunikasi lewat media sosial, agar terbangun hubungan yang lebih baik.