STUDI KUALITATIF TENTANG STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA BAKSO RANTE SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.209Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Bauran PromosiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komukasi pemasaran bakso rantai yang dilakukan selama masa pandemi untuk menarik pelanggan. Landasan toeri yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teori dari Kotler dan Amstrong (2012) yang menjelaskan teori mengenai bauran promosi atau promotion mix yang terdiri dari lima bauran, yaitu advertising, sales promosi, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Disimpulkan bahwa Bakso Rante menggunakan strategi komunikasi pemasaran bauran promosi dalam memperkenalkan produknya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, Bakso Rante masih kurang berjalan dengan baik dilihat dari belum digunakan dengan baiknya metode bauran promosi.
Referensi
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Amstrong, G. & Kotler. P. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama. Jakarta: Erlangga.
Andawari, Anindya Rachman dan Kamal. 2014. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada (Studi kasus di Coffee Stove
Syndicate Cafe Semarang), Jurnal Ilmu dan Riset, Volume 2. No 1.
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. CV Andi. Yogyakarta.
Hary Gunawan Senjaya. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Masakan Jepang di Hayashi Teppan Food Court BEC, Jurnal
Manajemen, Volume 1. No 2.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller 2016. Marketing Managemet. Edisi 15 Global
Edition. Pearson.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global
Edition. Pearson.
Kotter, John P. 2014. Accelerate: Building Strategic Agility for a Faster-Moving
World, Free Press, New York.
Kotler, Philip. G, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12 th Edition, Jilid