PERILAKU PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK DAN GRAB DI KALANGAN PEREMPUAN PEDAGANG KULINER DI KOTA SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.24Kata Kunci:
aplikasi Gojek dan Grab, perempuan pedagang, perilaku penggunaan, usaha kulinerAbstrak
Pandemi Covid-19 membawa konsekuensi yang makin berat bagi para perempuan, termasuk pula para perempuan pedagang kuliner di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi behavior intention penggunaan aplikasi Gojek dan Grab terhadap use intention penggunaan aplikasi Gojek dan Grab di kalangan perempuan pedagang kuliner selama pandemi Covid-19 di Kota Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalh sampel jenuh (sensus) karena 302 perempuan pedagang kuliner di Kota Surabaya yang telah menggunakan kedua aplikasi tersebut digunakan keseluruhan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian yang diperoleh adalah behaviour intention untuk menggunakan aplikasi Gojek dan Grab para perempuan pedagang kuliner di Surabaya terbukti dipengaruhi performance expectancy, effort expectancy, social influence . Akan tetapi facilitating condition terbukti tidak berpengaruh pada behavior intention. Hasil lain adalah behaviour intention terbukti berpengaruh pada use intention penggunaan aplikasi Gojek dan Grab para perempuan pedagang kuliner di Kota Surabaya selama pandemi Covid-19. Penelitian merekomendasikan bagi para pengambi kebijakan, asosiasi dan penyedia aplikasi Gojek dan Grab untuk saling bersinergi meningkatkan daya saing perempuan pedagang kuliner di Kota Surabaya di bidang ekonomi