PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN PEDESAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PETANI TEBU DI DESA MONDOLUKU, KECAMATAN WRINGINANOM, KABUPATEN GRESIK, JAWA TIMUR

Penulis

  • Heri Susanto universitas wijaya putra
  • Ramon Syahrial Universitas Wijaya Putra
  • Andri Krisna Dianto Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.253

Abstrak

Pembangunan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemajuan suatu daerah, pembangunan dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. Pembangunan juga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, untuk menciptakan kesejahteraan Masyarakat, Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan desa harus bersinergi untuk mempercepat terciptanya ekonomi masyarakat desa yang lebih sejahtera, Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembangunan jalan di pedesaan terhadap produktivas petani tebu serta dampak yang dirasakan bagi petani tebu Di Desa Mondoluku, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penelitian ini fokus membahas  infrastruktur dari segi sarana transportasi dan infrastruktur dari segi penyediaan dan perbaikan jalan. Infrastruktur berupa jalan sangat penting di daerah  pertanian, dan jalan telah berperan penting dalam mendongkrak hasil pertanian dan pembangunan ekonomi di daerah pedesaan tersebut, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani tebu di Desa Di Mondoluku, Kecamatan Weringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur dengan jumlah sampel sebanyak 38 petani. Uji yang digunakan menggunakan Analisis regresi linier yang menghubungan secara linier antara variabel independen dengan variabel dependen.

Referensi

Anwas, Oos M. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Chaerunnisa, D.N. (2014). Pengaruh Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Sukabumi. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Chaerunnisa, Desty Nurhidayanti Findi, Muhammad. (2014). “Pengaruh infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di kota sukabumi: periode tahun 1990-2012”. IPB Repository. http://repository.ipb.ac.id.

Djam'an, Djonet.(2011). Sistim Pelaksanaan Pembangunan Desa. Balai Penelitian dan Pembangunan, Pembangunan Desa. Yogyakarta.

Didit, Purnomo. (2009) fenomena migrasi tenaga kerja dan peranya bagi pembangunan daerah asal (studi empiris di kabupaten wonogiri) Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 10, No.1, Juni 2009, hal. 84 – 102.

Fidelia Ngufan Gbenyi, Omenka, J.I.2, Gaavson, T. (2021). “Impact Assessment of Roads Infrastructure on Agricultural Productivity in Konshisha Local Government Area of Benue State”. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS) | Volume V, Issue XI, November 2021 | ISSN 2454–6186.

Hanif Nurcholis, 2011. Pertumbuhan dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Jakarta : penerbit Erlangga.

Jepri. (2015). ” Peranan dalam jurna Peranan Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Mensanak Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga”, dalam jurnal Naskah Publikasi, h. 9.

Maharani Apriyanti, Devi and , Dr. M. Musiyam, M.T.P (2019) Dampak Perkembangan Fisik Kota Terhadap Perubahan Mata Pencaharian Tahun 2009 Dan 2019 Di Kecamatan Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noor, I. (2013). Strategi Pembangunan yang Mensejahterakan & Berkeadilan. Tangerang Selatan: Grafindo.

Nasution, Arifin. (2007). “Perencanaan Pembangunan Partisipatif (Studi tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Medan Tahun 2006-2010). Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU).

Prasetyo, Rindang & Firdaus. (2009). Pertumbuhan Infrastruktur pada Pertumbuhan Ekonomi Wilayah di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan. Volume 2, No 2.

Plomp, T. (2013). Educational design research : An introduction. Dalam T. Plomp & N. Nleveen (Penyunting), Educational design research (hlm. 10-51). Enschede : SLO Netherlands institute for curriculum development.

Rr. Lulus Prapti NSS, Edy Suryawardana, Dian Triyani. (2015). “Analisis Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat Di Kota Semarang”. Jurnal DINAMIKA SOSBUD. Volume 17 Nomor 2, Juni 2015 :82-10Rahyunir Rauf dan Sri Maulidiah, Badan Permusyawaratan Desa, Pekanbaru, Zanafa Publishing, 2015.

R.Bintarto, Desa Kota , (Bandung : Alumni, 2010), hlm. 6.

Swasono, Sri Edi. (2005). Koperasi dalam Pandangan Islam, Suatu Tinjauan dari Segi Falsafah Etik, dalam Membangun Sistem Ekonomi Nasional, Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. UI Press. Jakarta.

Sudaryadi. (2007). Dampak Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan Terhadap Output Sektor Produksi dan Pendapatan Rumah Tangga di Jawa Tengah. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Sinungan, Muchdarsyah. 2005. Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan Iwan. (2012). “Agribisnis Kreatif: Pilar Wirausaha Masa Depan, Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau”. Penebar Swadaya Grup.

Umar Husien. (2002). Strategic Management In Action Konsep,teori dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R Porter Fred R David dan Wheelen Hunger. PT gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wang, H, F Qin, C Xu, B Li, L Guo, and Z Wang. (2021). “Evaluating the Suitability of Urban Development Land with a Geodetector.” Ecological Indicators 123. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2021.107339

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Susanto, H., Syahrial, R. ., & Dianto, A. K. . (2023). PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN PEDESAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PETANI TEBU DI DESA MONDOLUKU, KECAMATAN WRINGINANOM, KABUPATEN GRESIK, JAWA TIMUR. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.253