PENGUATAN LITERASI DIGITAL MENUJU SOCIETY 5.0 PADA IBU RUMAH TANGGA

Penulis

  • Muhammad Hilmy Aziz Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Rindiani Puspitasari Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Annisya Aprilia Noor Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.255

Abstrak

Era keterbukaan informasi memungkinkan seseorang untuk saling terhubung satu dengan yang lainnya dengan meniadakan batasan berupa ruang dan waktu. Seseorang terhubung dengan pihak lain yang cenderung mengalami kemudahan menciptakan berbagai terbosan baru, baik dalam hal sosial, budaya, bahkan sampai dengan ranah komunikasi. Penelitian ini memiliki suatu tujuan yang berfokus pada bagaimana strategi yang menjadi perwujudan penguatan literasi digital. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendalam tentang literasi digital guna mengeskalasi pengetahuan ibu rumah tangga yang selama ini terbentuk suatu stigma negatif terkait perkembangan teknologi informasi yang berguna pada kehidupan Society 5.0 di Indonesia. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memberikan kedalaman pembahasan yakni dengan menggunakan data sekunder. Hasil dari penelitian ini Pertama secara parsial, strategi yang menjadi perwujudan penguatan literasi digital pada ibu rumah tangga dapat dilakukan atas 4 strategi penguatan kompetensi, kepemimpinan, penguatan bahasa asing, penguatan IT, serta penguatan keterampilan penulisan. Kedua secara holistik, strategi yang menjadi perwujudan penguatan literasi digital pada ibu rumah tangga menitik beratkan pada keberlanjutan adanya pendidikan luar sekolah sebagai pengejawantahan implementasi indikator penguatan literasi digital masyarakat.

Referensi

"Ibu Rumah Tangga Ditangkap Polisi, Diduga Sebar Hoaks Corona": https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200309160320-12-481783/ibu-rumah-tangga-ditangkap-polisi-diduga-sebar-hoaks-corona.

Alamsyah, F. F. (2022). Literasi Digital Sebagai Upaya Penanganan Culture Shock Pasca Pandemi Covid-19. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 3(2), 69-80.

Angraini, S. Dkk,. (2022). Profil Perempuan Indonesia 2021. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)

Aristhya, I. P., & Kurdaningsih, D. M. (2023). Pola Filter Informasi dari Media Sosial pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(2), 90-95.

Astutik, S., & Zulaikha, Z. (2020). Menambah penghasilan keluarga dengan memanfaatkan media sosial di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Journal Community Development and Society, 2(1).Aziz, M. H. (2017). Model Komunikasi Strategis Dalam Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Pada Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Di Surabaya. Prosiding Komunikasi Politik dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Buku Litera.

Aziz, M. H. (2022). Model Pariwisata Digital dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2279-2286.

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020. https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-20210121151046.pdf

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MTMxMzg1ZDAyNTNjNmFhZTdjN2E1OWZh&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjMvMDgvMzEvMTMxMzg1ZDAyNTNjNmFhZTdjN2E1OWZhL3N0YXRpc3Rpay10ZWxla29tdW5pa2FzaS1pbmRvbmVzaWEtMjAyMi5odG1s&twoadfnoarfeauf=MjAyMy0wOS0wNyAxODoyNTo1Mw%3D%3D

Bunau, E., Apriliaswati, R., Husin, S., Salam, U., Rezeki, Y. S., & Wardah, W. Pelatihan Pembelajaran Inovatif Bahasa Inggris Berbasis Masalah. Jurnal Pengabdi, 5(1), 93-104.

Djehalut, N. S., Kiko, B., Nurdin, N., & Syahrul, S. (2022). Peran Ibu Rumah Tangga sebagai Pendamping Belajar Anak di Masa Pandemik Covid 19 di Kota Kupang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1013-1020.

Hapsari, D. T., Rosdiana, H., & Setiadarma, A. (2021). Literasi Media Digital di Kalangan Ibu-Ibu Kelompok Aisyiyah, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51-62.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13-23.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/hampir-separuh-penduduk-indonesia-sudah-kawin-pada-juni-2022#:~:text=Menurut%20data%20Direktorat%20Jenderal%20Kependudukan,sebanyak%20275%2C36%20juta%20jiwa.

Huang, S., Wang, B., Li, X., Zheng, P., Mourtzis, D., & Wang, L. (2022). Industry 5.0 and Society 5.0—Comparison, complementation and co-evolution. Journal of manufacturing systems, 64, 424-428.

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39-46.

Ilahi, H. N. (2019). Women and HOAX news processing on Whatsapp. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 22(2), 98.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Sekretariat TIM GLN Kemendikbud.

Mar’atus Solihah, Y. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Ibu-Ibu Rumah Tangga Terhadap Tingkat Kepercayaan Hoax Vaksin Covid-19 Di Facebook. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2).

Meilinda, V. (2023). Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Tentang Pesan Berantai Penculikan Di Daerah Tangerang, Banten. Adi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 154-159.

Nafisah, S., Anggraeni, A. D., & Pentury, H. J. (2022). PKM Pemberdayaan Perempuan Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dan Entreprenurship. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(3), 408-415.

Novianti, D., & Fatonah, S. (2019). Budaya Literasi Media Digital Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(2), 218-226.

Nuswantara, K., & Bhawika, G. W. (2021). Menghadapi Tantangan Industri 4.0 Melalui Konsep Pengembangan Community Learning Center (CLC) Bagi Masyarakat Miskin Perkotaan Yang Terintegrasi Dengan Multiliterasi Dan Socioentrepreneurship.

Saputra, K., & Azmi, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan. Journal of Civic Education, 4(1), 57-65. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.464

Sihombing, S. J. (2021). Coping stress antara ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1), 49-57.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Industry 4.0 vs Society 5.0. CV. Pena Persada.

Sujarwo, S., Asdar, A., Jubhari, Y., Sasabone, L., Syukriady, D., & Achmad, M. (2023). Pelatihan Motivasi Berbahasa Inggris Untuk E-Comer Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2849-2855.

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. Bogor: In Media.

Triana, A., & Krisnani, H. (2018). Peran ganda ibu rumah tangga pekerja k3l unpad dalam rangka menunjang perekonomian keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 188-197.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Aziz, M. H., Puspitasari, R., & Noor, A. A. . (2023). PENGUATAN LITERASI DIGITAL MENUJU SOCIETY 5.0 PADA IBU RUMAH TANGGA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 18–29. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.255