PENINGKATAN KESADARAN SOSIAL PENGUSAHA TERHADAP SERTIFIKAT HALAL DI KOTA SURABAYA

Penulis

  • Dandi Darmadi Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Heru Irianto Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.261

Kata Kunci:

Kesadaran Sosial, Sertifikat Halal, Surabaya

Abstrak

Produksi makanan dan minuman semakin banyak beredar baik yang diproduksi oleh perusahaan besar maupun usaha kecil, masyarakat sebagai konsumen memerlukan adanya jaminan terhadap kehigenisan dan kehalalan sebuah produk tersebut sehingga pemerintah mewajibkan adanya sertifikat halal yang harus dimiliki oleh pelaku usaha sebelum produknya dijual. Di jawa timur dari 479.621 unit usaha, baru 2.230 yang memiliki sertifikat halal. Hal ini menjadi perhatian penulis untuk menganalisa kesadaran sosial pelaku usaha terhadap sertifikat halal. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Teori Kesadaran Sosial yang melihat aspek pengetahuan, sikap dan tindakan, ditemukan bahwa pengetahuan pelaku usaha terhadap sertifikat halal dan prosedurnya sudah mapan. Aspek sikap dan tindakan terhadap sertifikat halal produk masih kurang dilakukan dikarenakan faktor eksternal yaitu biaya dan kerumitan pengurusan. Pelaku usaha akan cenderung proaktif jika dalam proses memperoleh sertifikat halal produk dilakukan dengan mudah dan biaya rendah, bahkan produsen mengakui tidak ingin mengurus jika harus menggunakan biaya pribadi. Faktor lain yang mendukung kesadaran sosial para pelaku usaha karena adanya bantuan fasilitas dari Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perdagangan baik bantuan teknis dan juga biaya.

Referensi

Agus, Panji Adam. 2017. “Kedudukan Sertifikasi Halal Dalam Sistem Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Islam.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 1(1):150–65. doi: 10.29313/amwaluna.v1i1.2172.

Arif, M. Nur Rianto Al, and Dr. Euis Amalia. 2010. Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: KENCANA.

CHEN, CHING-FU, and WEN-SHIANG TSENG. 2010. “Exploring Customer-Based Airline Brand Equity: Evidence from Taiwan.” Transportation Journal 49(1):24–34.

Cooney, Thomas M. 2012. “Entrepreneurship Skills for Growth-Orientated Businesses.” Denish Business Authority (November):23.

Dienillah, Izzah. 2019. “ANALISIS PENGARUH PERILAKU PRODUSEN TERHADAP PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF MAQASYID SYARIAH.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maryati, T., R. Syarief, and R. Hisbullah. 2016. “Analisis Faktor Kendala Dalam PengajuanSertifikat Halal. (Studi Kasus: Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Makanan Beku DiJabodetabek).” Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan 4(3):364–71. doi: 10.29244/jipthp.4.3.364-371.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka CIpta.

Pearson, Elaine M., and Ronald L. Podeschi. 1999. “Humanism and Individualism: Maslow and His Critics.” Adult Education Quarterly. doi: 10.1177/07417139922086902.

Rogers, Carl. 1974. “In Retrospect: Forty-Six Years.” American Psychologist 29(2):115–23. doi: https://doi.org/10.1037/h0035840.

SEGATI, AHDA. 2018. “Pengaruh Persepsi Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan.” JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 3(2):159. doi: 10.15548/jebi.v3i2.175.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Susetyohadi, Agus, Mufti Alam Adha, Afrilia Dwi Utami, and Dwi Esti Sekar Rini. 2021. “Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Kesetiaan Konsumen Pada Produk Makanan Dan Minuman: Studi Kasus Konsumen Non-Muslim Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7(1):285. doi: 10.29040/jiei.v7i1.1866.

Syafrida. 2016. “SERTIFIKAT HALAL PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN MEMBERI PERLINDUNGAN DAN KEPASTIAN HUKUM HAK-HAK KONSUMEN MUSLIM.” ADIL: Jurnal Hukum 7(2):159–74.

Yaumidin, Umi Karomah. 2009. “Tingkat Kepercayaan Muslim Banten Terhadap Labelisasi Produk Makanan Halal.” in Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global: Perilaku Konsumen Muslim dalam Konsumsi Makanan Halal. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Darmadi, D., & Irianto, H. (2023). PENINGKATAN KESADARAN SOSIAL PENGUSAHA TERHADAP SERTIFIKAT HALAL DI KOTA SURABAYA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 77–89. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.261