ANALISIS PENUGASAN KARYAWAN USAHA CUCI MOTOR “BEJO” YANG TIDAK SEIMBANG DENGAN PENDEKATAN HUNGARIAN

Penulis

  • Subaderi Subaderi Universitas Wijaya Putra
  • Chendrasari Wahyu Universitas WIjaya Putra
  • Ampar Jaya Suwondo Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.264

Kata Kunci:

Cuci Motor ' BEJO, Penugasan, Metode Hungarian

Abstrak

Kemajuan usaha tidak lepas dari peranan tenaga kerja. Kehadiran tenaga kerja mampu membantu meningkatkan keuntungan perusahaan apabila alokasi penempatan penugasan yang diberikan juga tepat. Permasalahan penugasan menjadi tantangan yang menyulitkan bagi pelaku usaha termasuk usaha cuci motor “BEJO”. Usaha ini memiliki 6 pekerjaan yang harus dilakukan oleh masing-masing karyawan. Saat ini, terdapat ketidakseimbangan antara jumlah karyawan dan jumlah penugasan. Pelaku usaha memiliki tenaga kerja  sebanyak 4 dan tenaga kerja yang ada melakukan pekerjaan lebih dari satu karena jumlah karyawan. Hal ini menuntut kecepatan waktu penyelesaian pekerjaan agar konsumen tidak lama menunggu dan tidak terjadi antrian panjang. Hingga dapat dikatakan waktu yang ada saat ini belum dikatakan optimal. Oleh karena itu, penyelesaian permasalahan penugasan diselesaikan dengan pendektaan Hungarian. Tujuannya adalah mengidentifikasi dan mengetahui alokasi karyawan ke penugasan yang tepat yang didasarkan dari waktu optimal penyelesaian pekerjaan. Hasil dari pengolahan keseluruhan waktu penyelesaian seluruh karyawan adalah 863 detik, dan setelah menggunakan metode Hungarian diperoleh efisiesi waktu yaitu 229 detik. Kesimpulan diperoleh bahwa metode Hungarian mampu meminimalkan waktu pengerjaan karyawan.

Referensi

Azis, F., Fadhilah, T., & Andiani, D. (2022). Optimasi Penugasan Operator Mesin Menggunakan Metode Hungarian Pada CV. UMTop. Jurnal Riset Matematika Dan Sains Terapan, 2(1), 1–10.

Ibnas, R., Irwani, & Wirum, N. H. N. (2018). OPTIMASI PEMBAGIAN TUGAS KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN (Studi Kasus : Karyawan Grand Sony Tailor Makassar). JURNAL MSA, 6(1), 43–50.

Mardiani, S., Sari, F. L., Novita, C., Fanani, F., & Afandi, D. (2020). Penerapan Metode Hungarian dalam Optimasi Penugasan Karyawan CV. Paksi Teladan. Buletin f Applied Industrial Engineering Theory, 1(1), 1–6.

Meik, A., Ilwaru, V. Y. I., Rijoly, M. E., & Tomasouw, B. P. (2022). Optimalisasi Masalah Penugasan Menggunakan Metode Hungarian pada PT. Sicepat Exprees Cabang Ambon (Lokasi: Kota Jawa Kecamatan Teluk Ambon). 3(1).

Mukhofilah, E. N., & Koesdiningsih, N. (2018). Analisis Penugasan Kerja dengan Metode Hungarian dalam Meminimumkan Biaya Produksi pada CV. Maika Mandiri Sejahtera Cimahi. Prosiding Manajemen, 87–92.

Ndruru, E., Tinus Waruwu, F., & Yanny, A. (2017). ALOKASI PEKERJA PADA SUATU PROYEK DENGAN METODE HUNGARIAN (STUDI KASUS: PT. IRA WIDYA UTAMA MEDAN). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer) , 1(1), 215–219. http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/komik

Paendong, M., & Prang, J. D. (2011). OPTIMISASI PEMBAGIAN TUGAS KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN. Jurnal Ilmiah Sains, 11(1), 109–115.

Parningotan, S., & Pangastuti, N. (2022). ANALISIS PENUGASAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA MENGGUNAKANMETODE HUNGARIANPADA SOFTWARE POM QMDENGANKASUS MAKSIMAS. JURNAL SIMASI, 2(1), 22–32.

Purnama Sari Hutagaol, Y. (2019). MINIMASI BIAYA TRANSPORTASI BERAS MISKIN (RASKIN) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEUGASAN PADA PERUM BULOG KILANG JAMPALAN. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 5(1), 23–28. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v5i1.311

Rahmawati, E., Satyahadewi, N., Intisari, F., Kunci, K., Biaya, M., & Kuhn, H. (2015). OPTIMALISASI MASALAH PENUGASAN MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Pontianak). In Buletin Ilmiah Mat. Stat. danTerapannya (Bimaster) (Vol. 04, Issue 3).

Sani, H. F., & Sawaluddin. (2023). Analisis Penyelesaian Masalah Penugasan Pada Algoritma Matching Graf Bipartit Dan Metode Hungarian. FARABI Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 89–96.

Simatupang, J. (2021). Bulletin of Information Technology (BIT) Jemrin Simatupang Teknik Penugasan Karyawan Vhida Ponsel dalam Penjualan Kartu Paket Internet Dengan Menggukan Metode Hungarian. Bulletin of Information Technology (BIT), 2(1).

Sitio, A. S. (2016). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENUGASAN PEGAWAI PADA DINAS KETAHANAN PANGAN DENGAN METODE HUNGARIAN. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 1(1), 53–59.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Subaderi, S., Wahyu, C., & Suwondo, A. J. . (2023). ANALISIS PENUGASAN KARYAWAN USAHA CUCI MOTOR “BEJO” YANG TIDAK SEIMBANG DENGAN PENDEKATAN HUNGARIAN. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 99–107. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.264