PERENCANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DEGREE FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN HOTEL AMARTHAHILLS

Penulis

  • Fitriya Gemala Dewi Universitas Wijaya Putra
  • Ampar Jaya Suwondo Universitas Wijaya Putra
  • Krisnadhi Hariyanto Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.269

Abstrak

Hotel Amarthahills mengalami penurunan pelanggan setiap bulan karena banyaknya keluhan dari tamu yang menginap dan kurang puas dengan fasilitas dan pelayanannya, terutama layanan housekeeping. Hotel Amarthahills terus menggunakan metode lama manajemen untuk menilai kinerja karyawan, berdasarkan hasil survei dan wawancara.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan responden dari dua subkelompok, masing-masing terdiri dari staf rumah tangga, keamanan, katering, teknik, dan resepsionis. penyelia departemen, manajer, dan manajer sumber daya manusia bertanggung jawab atas tanggung jawab tambahan. Kinerja dipengaruhi oleh lima komponen : bukti nyata, kepercayaan diri, jaminan, penerimaan, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei terhadap manajer umum di Departemen Manajemen Hotel Amarthahills memiliki tingkat respons total yang mempengaruhi rekan kerja itu sendiri. Nilai selisih positif akan membawa hasil tertinggi dalam pertukaran pengetahuan dengan bawahan, pertukaran pengetahuan tentang makanan dan minuman dengan tingkat respon yang sempurna. Usulan kebijakan diberikan pada karyawan yang memiliki nilai buruk dan rmemberikan rekomendasi karyawan untuk ditempatkan ke jabatan yang lebih rendah dari sebelumnya (grade 10 dengan nilai 13,39 pada karyawan nomor 9).

Referensi

Al Hakim, R. R., Harto, B., & Setyabudhi, A. L. (2021). Dashboard Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengukur Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT Cakrawala Asia. Engineering and Technology International Journal (EATIJ), 3(3), 216–229. https://doi.org/10.55642/eatij.v3i03

Azizah, A. N., Umam, M. I., Kusumanto, I., Devani, V., & Silvia. (2021). Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Umpan Balik 360 Derajat Dan Analitycal Hierarchy Process. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Hariyanto, K., & Rijanto, O. A. W. (2018). Perancangan Pengukuran Kinerja Menggunakan Performance Prism Dan Scoring Omax (Objective Matrix) Pada Sektor UMKM (Studi Kasus Kluster Umkm Batik Tanjung Bumi Bangkalan-Madura). Prosiding SNasPPM, 3(September), 442–448. http://snasppm.unirow.ac.id/file_prosiding/Prosiding_SNasPPM III_PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN PERFORMANCE PRISM DAN SCORING OMAX (OBJECTIVE MATRIX) PADA SEKTOR UMKM (Studi Kasus Kluster Umkm Batik Tanjung Bumi Bangkalan.pdf

Hariyanto, K., & Satoto, E. B. (2016). Kriteria Yang Berpengaruh Dalam Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Anaytical Hierarchy Process. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 15(1), 19. https://doi.org/10.23917/jiti.v15i1.1148

Lubis, A. M., Salmah, U., Syahri, I. M., Keselamatan, D., Fakultas, K., & Masyarakat, K. (2016). Perancangan Sistem Penilaian Kinerja 360o Berdasarkan Metode Kompetensi Spencer Bagian Medis Di Rasyida Medan. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 05(04), 176–183.

Nugroho, A., Nugroho, W., & Hariyanto, K. (2017). Implikasi Insentif Terhadap Penilaian Kinerja Karyawan. Media Mahardhika, 16(1), 24–31. https://doi.org/10.29062/mahardika.v16i1.4

Nur Aziz, & Dewanto, I. J. (2022). Model Penilaiann Kinerja Karyawan dengan Personal Balanced Scorecard. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(2), 168–177. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i2.218

Siregar, M. J. (2018). Rancang Model Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode 360 Degree di Departemen Warehuse. Profiensi, 6(1), 33–40.

Sofalina, F. D. J., & Mansur, A. (2022). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Sales Lapangan dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan 360o. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 333. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3951

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Gemala Dewi, F., Suwondo, A. J. ., & Hariyanto, K. . (2023). PERENCANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DEGREE FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN HOTEL AMARTHAHILLS. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 125–135. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.269