INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS SINGLE WINDOW ALFA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DI SURABAYA

Penulis

  • Anisa Kurniatul Azizah Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Tri Anggarani Wulandari Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.272

Abstrak

Penyempurnaan penerapan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik yang efisien di Surabaya terus dilakukan. Pemerintah kota telah mengembangkan aplikasi layanan berbasis single window bernama Surabaya Single Window (SSW) Alfa, yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu Surabaya Single Window. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi inovasi program aplikasi SSW Alfa dalam meningkatkan proses perizinan online di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang digunakan untuk menggambarkan informasi yang diperoleh dari studi pustaka dengan merujuk pada konsep indikator inovasi untuk mengukur tingkat keberhasilan Surabaya Single Window Alfa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada beberapa permasalahan yang timbul seperti kurangnya pemahaman warga mengenai pelayanan online SSW Alfa, program aplikasi SSW Alfa dinilai cukup kompleks, terutama bagi masyarakat yang belum terbiasa, kesalahan saat mengoperasikan SSW Alfa dan penurunan server akibat jumlah pengguna yang banyak.  Sehingga pihak pemerintahan harus lebih sigap dalam mensosialisasikan SSW Alfa kepada masyarakat. Namun demikian, SSW Alfa telah memenuhi semua indikator keberhasilan inovasi (Relative Advantage, Compatibility, Compexity, Triability dan Observability). Dapat dilihat dari peningkatan jumlah pengajuan berkas perizinan, sehingga dapat disimpulkan bahwa program Surabaya Single Window Alfa merupakan sebuah inovasi yang sukses dalam meningkatkan pelayanan perizinan online di Surabaya.

Referensi

Anjani, W. S., Hanapiah, P., & -, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. CosmoGov,5(2),189.https://doi.org/10.24198/cosogov.v5i2.21739

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Publik Administration Journal of Research, 1(2), 137–150.https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16

Hidayat, W. (2022). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Tangerang Live Di Kota Tangerang. Jurnal Studia Administrasi, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.47995/jian.v3i2.65

Kurniawan, Y. D., & Prabawati, I. (2021). Evaluasi Layanan Surabaya Single Window (Ssw) Pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (Uptsa) Kota Surabaya. Publika,227238.https://doi.org/10.26740/publika.v9n1.p227-238

Lestari, R. A. (2019). Reformasi Birokrasi Sebagai Pelayan Publik. Dinamika Governance :Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(1). https://doi.org/10.33005/jdg.v9i1.1421

Mariano, S. (2019). Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Prasertya, Y. B. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Surabaya Single Window (SSW) Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap ( Uptsa ) Kota Surabaya. 1–11. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67755

Rahmawati, D. F. A., & Hertati, D. (2022). Inovasi Program Aplikasi Surabaya Single Window Alfa Dalam Meningkatkan Pelayanan Perizinan Online. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 11(02), 154-164.

Rizki Rahmadanoor, Normajatun, J. (2020). Perancangan Pelayanan Sistem Antrian Berbasis Online (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah H.Baharuddin Kasim Kabupaten Tabalong). Teknik Informatika, 3(2), 21–33.

Suryadevi, R. K., & Fanida, H. (2020). Inovasi Program Online Single Submission (OSS) Dalam Layanan Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Publika, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/32573

Walikota Surabaya. (2019). Peraturan Walikota Surabaya Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Perizinan Dan Atau Non Perizinan Terpadu Di Kota Surabaya (Vol. 19-65).

Wismayanti, K. W. D., & Purnamaningsih, P. E. (2022). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Government Dalam Program Layanan Perizinan Online (Laperon) Di DPMPTSP Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 5(1), 45-56.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-09

Cara Mengutip

Azizah, A. K. ., & Wulandari, T. A. (2023). INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS SINGLE WINDOW ALFA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DI SURABAYA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 148–159. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.272