EVENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI "HAPPY BARENG BIGGER BETTER" SCHOOL TO SCHOOL DI SURABAYA

Penulis

  • Zulaikha Zulaikha Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Arif Abdillah Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Siska Armawati Sufa Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Garry Brumadyadisty Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.287

Abstrak

Komunikasi pemasaran sangat penting untuk pertumbuhan dan diferensiasi perusahaan. Event Marketing merupakan serangkaian acara terfokus, dapat secara positif mempengaruhi brand equity dengan meningkatkan brand awareness, persepsi kualitas merek, asosiasi, dan loyalitas. Good.id, sebuah perusahaan Indonesia, menggunakan promosi acara untuk mempromosikan kemasan terbaru mereka, "Happy Bareng Bigger Better," menargetkan siswa sekolah menengah pertama di Surabaya. Penulis tertarik untuk menganalisis perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategi pemasaran acara untuk membangun ekuitas merek melalui pemasaran acara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Good.id sebagai mitra bisnis Perusahaan Mayora dalam mempromosikan produk-produk terbaru yang lebih baik. Praktik komunikasi pemasaran menggunakan konsep acara yang diselenggarakan di sejumlah sekolah menengah pertama di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif, melibatkan struktur Good.id sebagai event organizer dan sekolah terkait sebagai mitra event marketing serta informan penelitian. Acara "Happy Together Bigger Better School to School" adalah strategi pemasaran yang melibatkan peluncuran produk bermerek, kontes, hadiah, dan pengalaman yang bertujuan untuk membangun brand awareness dan memperluas peluang pasar.

 

Referensi

M., Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. RajaGrafindo Persada

Aaker, D., & McLoughlin, D. (2020). Strategic Market Management. Wiley.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10 (1).

Alijoyo, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2021). Structured or Semi-structured Interviews. CRMS Indonesia.

Batubara, Abdul Karim. (2011). DIKTAT MEDIA KOMUNIKASI. Fakultas Dakwah IAIN Sumatera Utara

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2017). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=4PpVvgAACAAJ

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2017). Startegi Menaklikan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merk. Gramedia Pustaka Utama.

Ervania, C., & Suranto. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image di Syafa’at Marcomm Agency. Jurnal UNY.

Flyvbjerg, B. (2006). Five Misunderstandings About Case-Study Research. Qualitative Inquiry, 12(2), 219–245.

Giddens, Anthony. (1991). Modernity and Self-Identity: Self and Society in the Late Modern Age. Polity Press

Hakim, Abdul. 288 sekolah Adiwiyata ada di Kota Surabaya. Antara Jatim News. 8 Oktober 2021. https://jatim.antaranews.com/berita/533193/288-sekolah-adiwiyata-ada-di-kota-surabaya

Hambali, Ahmad Muhaimin, Mutia Rahmadini. (2018). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Studi Sosial dan Politik UIN Raden Fatah

Indahsari, Yulia. (2020). Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata (Studi di Kota Surabaya). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial DPR-RI. doi: 10.22212/aspirasi.v11i2.1742

Jefkins, F. (2004). Public Relations. Erlangga.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management. Pearson Education.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, D. (2006). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Bhuana Ilmu Popular.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles Of Marketing. Pearson Prentice Hall.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE Publications.

Nopal, N. F., & Sofyan, A. (2023). Strategi Integrated Marketing Communications (IMC) Marrs.Id untuk Menarik Minat Beli Konsumen. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1).

Nursyadiah, I., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dalam Promosi Destinasi Wisata Taman Kincir Marigold Garden Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 202–215.

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Universitas Udayana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.

Marmer, D. C. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Event dalam Pembentukan Brand Equity.

Merriam, S. B. (2009). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.

Stake, R. E. (2006). Multiple Case Study Analysis. Guilford Press.

Susilowati, E., & Sari, A. (2020). The influence of brand awareness, brand association, and perceived quality toward consumers’ purchase intention: a case of richeese factory, Jakarta. Independent Journal of Management & Production, 11, 39. https://doi.org/10.14807/ijmp.v11i1.981

Wibowo, S. C., & Wijaya, L. S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT Indaco Warna Dunia Dalam Mempromosikan Produk Cat. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 9(1), 975-993.

Rahma, A. (2018). Event sebagai salah satu bentuk strategi komunikasi pemasaran produk fashion nasional (event tahunan Jakcloth). Nyimak: Journal of Communication, 1(2), 149-169.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Zulaikha, Z., Abdillah, A. ., Sufa, S. A., & Brumadyadisty, G. . (2023). EVENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI "HAPPY BARENG BIGGER BETTER" SCHOOL TO SCHOOL DI SURABAYA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 266–284. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.287