“BODY DISSATISFACTION” SEBAGAI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM FOTOGRAFI EKPRESI
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.289Abstrak
Masa remaja disebut sebagai masa peralihan atau transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa, yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional. Para remaja banyak menghabiskan waktunya untuk menggunaan sosial media dan sering disuguhkan tentang bentuk tubuh yang ideal dan bagaimana terlihat menarik di depan orang lain. Hal ini menyebabkan rasa kurang puas dengan tubuhnya sendiri yang disebut body dissatisfaction. Fenomena ini ditunjukkan dengan peningkatan penjualan perawatan tubuh yang sangat signifikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggali urgensi serta dampak dari "body dissatisfaction" pada kesehatan mental individu terutama pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif dari jurnal pendukung. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa Body dissatisfaction merupakan hal yang perlu diatasi karena dapat berdampak pada permasalahan lain seperti depresi, body dysmorphia disorder (BDD), anoreksia nervosa, dan bulimia nervosa. Langkah yang dapat dilaukan untuk mengadasi body dissatisfaction adalah lebih kritis terhadap konten media sosial, membatasi waktu penggunaan sosial media, serta berfokus pada kesehatan daripada penampilan. Yang mana langkah-langkah tersebut dapat diedukasikan melalui konten di platform media sosial
Referensi
Ariani, D. N. (2022). Hubungan Social Comparison Dengan Body Dissatifaction Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Mahasiswi Di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.
Balqis, A. Y., Sholih, M. G., & Salman. (2022). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Skincare Pemutih Wajah Yang Mengandung Merkuri Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 301–309. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.6820141
Bennett, B. L., Whisenhunt, B. L., Hudson, D. L., Wagner, A. F., Latner, J. D., Stefano, E. C., & Beauchamp, M. T. (2020). Examining the impact of social media on mood and body dissatisfaction using ecological momentary assessment. Journal of American College Health, 68(5), 502–508. https://doi.org/10.1080/07448481.2019.1583236
Dilon, C. (2020). Tiktok influences on teenagers and young adults students: The common usages of the application tiktok. American Scientific Research Journal for Engineering, Technology, and Sciences, 68(1), 132–142.
Ekaningtyas, Z. (2016). Hubungan Body Dissatisfaction dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.
Fasiha, R. A. (2023). Berkarya dan Bercerita Melalui Fotografi Ekspresi. Jurnal IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, Dan Media Baru, 14(2), 128–135. https://doi.org/10.52290/i.v14i2.112
Handayani, A. (2021). Psikologi Parenting (Edisi Pert). Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.
Liu, J. (2022). Social Media and Its Impact on Chinese’s Women Body Image: The Effects of Body Comparison and Motivation for Social Media use. Proceedings of the 2021 International Conference on Public Art and Human Development ( ICPAHD 2021). https://doi.org/10.2991/assehr.k.220110.040
Mardiyanti, R., Fikrulia, P. N., & Talita, A. A. (2022). Body Dissatisfaction Dan Kepercayaan Diri Pada Siswi Kelas X Smkn 4 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper “Peran Perempuan Sebagai Pahlawan Di Era Pandemi” PSGESI LPPM UWP, 9(01), 104–109. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.188
Musman, A. (2021). Berdamai Dengan Efek Negatif Medsos : Cara Terhebat Untuk Terbebas Dari Online Bullyhing, Fomo, Atau Hoaks Dengan Membiasakan Kebiasaan Baik Di Media Sosial (Edisi Pert). Yogyakarta: Psikologi Corner.
Nene, A., & Olayemi, O. (2023). The negative impact of social media on self-esteem and body image – A narrative review. Indian Journal of Clinical Anatomy and Physiology, 10(2), 74–84.
Nurhayati, T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial pada Masa Pubertas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Opsiviantoto, M. B., Santi, D. E., & Kusumandari, R. (2023). Kepercayaan diri pada remaja : Menguji perbandingan sosial dan ketidakpuasan tubuh peranan Pendahuluan. Journal of Psychological Research, 3(1), 107–116. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/inner/article/download/861/603
Putri, M. R. E. (2017). Hubungan Body Image dan Kecemasan terhadap Kecenderungan Anorexia Nervosa pada Model Dewasa Awal. Universitas Airlangga.
Rabiah, A. S., & Stefany, F. A. (2022). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERAWATAN DIRI (SKINCARE) LOKAL YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3). Retrieved from www.janio.com,
Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248
Rahayu, N. A. H., & Ariana, A. D. (2021). Hubungan Body Dissatisfaction dengan Depresi pada Remaja dengan Obesitas pada Masa Pandemi COVID-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 1420–1426.
Salomon, I. P. (2020). Examining the Impact of Social Media Use on Body Dissatisfaction and Eating Disorder Symptomatology Among Adolescents. Theses and Dissertations--Psychology, 180. https://doi.org/10.13023/etd.2020.390
Trajković, J. (2022). Social Media and Body Image. Media Studies and Applied Ethics, 3(2), 87–96. https://doi.org/10.46630/msae.2.2022.07
Wahyudi, M. I. (2018). Body Image Dan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Mahasiswi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Wijayanti, I. T., & Marfu’ah, S. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU IBU HAMIL MENGGUNAKAN KOSMETIK PEMUTIH. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(3), 233–240. https://doi.org/10.32583/pskm.9.3.2019.233-240
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Citra Rani Angga Riswari, Hartopo Eko Putro , R. Ayu Erni Jusnita , Imayah Imayah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.