STUDI LITERATUR: PERANAN MINDFUL PARENTING BAGI IBU BEKERJA YANG MEMILIKI ANAK BALITA DALAM MENGATASI STRES PENGASUHAN
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.311Abstrak
Proses pengasuhan anak merupakan suatu tugas ibu yang penuh dengan tantangan serta tuntutan. Terutama pada ibu yang mempunyai peran ganda sebagai ibu yang bekerja. Kondisi ini memungkinkan ibu rentan mengalami stres pengasuhan dimana harus membagi tugas rumah dengan tugas sebagai wanita pekerja. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tinjauan literatur yang ditemukan dalam database jurnal, yaitu google scholar, research gate dan science direct pada 612 artikel yang dipublikasikan selama sepuluh tahun terakhir. Hasil dari pengkajian ditemukan empat artikel yang mengkaji tentang pentingnya peranan mindful parenting bagi ibu bekerja yang memiliki anak balita dalam mengatasi stres pengasuhan. Kesimpulan yang diperoleh bahwa mindful parenting merupakan impelementasi pengasuhan yang dapat menurunkan tingkat stres pengasuhan. Dengan bekal keterampilan mindful, orang tua dapat memperoleh berbagai manfaat seperti terhindar dari stres akibat pengasuhan, mampu menghargai perasaan, pemikiran, dan tindakan anak, mampu menjalankan peran sebagai orang tua, serta dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan anak.
Referensi
Afaf, I., Gani, A., & Kumalasari, D. (2019). Be Mindful, Less Stress: Studi Tentang Mindful Parenting Dan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dari Anak Usia Middle Childhood Di Jakarta. Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.7744
Berry, J. O., & Jones, W. H. (1995). “The parental stress scale: Initial psychometric evidence.” Journal of social and personal relationships, 12(3), 463-472. https://doi.org/10.1177/0265407595123009
Bögels, S., & Restifo, K. (2014). Mindful Parenting. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7406-7
Deater-Deckard, K. (2017). Parental stress and early child development. R. K. Panneton (Ed.). Cham, Switzerland: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-55376-4
Duncan, L. G., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2009). A Model of Mindful Parenting: Implications for Parent–Child Relationships and Prevention Research. Clinical Child and Family Psychology Review, 12(3), 255–270. https://doi.org/10.1007/s10567-009-0046-3
Gethin, R. (2011). On some definition of mindfulness. Contemporary Buddhism, 12(1), 263-279. http://dx.doi.org/10.1080/14639947.2011.564843
Lestari, S., & Widyawati, Y. (2018). Gambaran Parenting Stress Dan Coping Stress Pada Ibu Yang Memiliki Anak Kembar. Journal Psikogenesis, 4(1), 41. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.516
McCaffrey, S., Reitman, D., & Black, R. (2017). Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ): Development and validation of a measure of mindful parenting. Mindfulness, 8(1), 232-246. https://doi.org/10.1007/s12671-016-0596-7
P. Pajar Mubarok, “Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja,” Psympathic J. Ilm. Psikol., vol. 3, no. 1, pp. 35–50, Dec. 2016, doi: 10.15575/psy.v3i1.1095.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ardianti Agustin, Ressy Mardiyanti, Aprilya Dian Eky Anggraeni, Alfira Ayu Thalita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.