FAKTOR PSIKOLOGIS, SOSIAL DAN BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION WANITA DI ZEE SHOP
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.319Kata Kunci:
psikologis, sosial, budaya,keputusan pembelianAbstrak
Perkembangan fashion di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, dimana seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, budaya asing masuk ke Indonesia dan mempengaruhi berbagai gaya hidup masyarakat termasuk dalam gaya berpakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor psikologis, faktor sosial, dan faktor budaya terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita di Zee Shop Kota Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen Zee Shop yang bertempat tinggal di Kota Pasuruan. Metode sampling yang digunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 75 responden. Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikogis, sosial dan budaya terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita di Zee Shop Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, Faktor psikologis terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita di Zee Shoop Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, Faktor sosial terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita di Zee Shoop Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.287, Faktor budaya terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita di Zee Shoop Kota Pasuruan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.365
Referensi
Dewanto, A. C., Moniharapon, S., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1878 – 1887, 6(2303–1174), 1878 – 1887.
Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2018). on Multivariate Data Analysis Joseph F . Hair Jr . William C . Black Eight Edition.
Hastari, S., Akramiah, N., & Amira, A. H. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Mardi Jaya Kota Pasuruan. Jurnal EMA, 6(2), 72–79. https://doi.org/10.47335/ema.v6i2.99
Khotimah, K. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Hardware Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mananeke, L., Jorie Rotinsulu, J., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. 245 Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.
Masirete, I. M., Manajemen, P. S., & Maroso, U. S. (2021). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smart Phone Merek Oppo Di Kota Ampana. 21(1), 47–57.
Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagle, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 5195–5204.