ANALISIS LOKASI, FASILITAS, DAN HARGA SEBAGAI STRATEGI BERSAING DALAM PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS PADA CAFE JALAN TENGAH KOTA PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.320Kata Kunci:
lokasi, fasilitas, harga, strategi bersaing, loyalitas pelangganAbstrak
Dunia bisnis terus berkembang pesat sering kemajuan era globalisasi, ditandai dengan tingginya tingkat persaingan termasuk pada industri kuliner. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi bersaing dengan menggunakan lokasi, fasilitas dan harga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan metode analisis SWOT, mengacu informasi pada informan kunci untuk penelitian ini, yaitu manajer, supervisor, karyawan dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kekuatan Kafe Jalan Tengah lebih besar dari kelemahan dibuktikan dengan skor kekuatan sebesar 2,71 dan kelemahan sebesar 0,61 dengan total skor tabel IFAS 3,32; (2) peluang Kafe Jalan Tengah lebih besar dari ancamannya, dibuktikan dengan skor peluang sebesar 2,72 dan faktor kelemahan sebesar 0,71 dengan total skor tabel IFAS sebesar 3,43; (3) Posisi Cafe Jalan Tengah pada Kuadran Kuantitatif Analisis SWOT berada di kuadran I (positif, positif) yang menunjukkan bahwa organisasi kuat dan berpeluang; (4) Posisi perusahaan berada pada matriks IE di sel V yang berarti pertumbuhan dan stabilitas; (5) hasil skor kombinasi strategi IFAS dan EFAS memperoleh nilai terbesar pada strategi kombinasi SO dengan total skor 5,43.
Referensi
Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pembelian rumah di Grand Nusa Indah blok j, Cileungsi pada PT. Kentanix Supra Internasional). Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.ste.ac.id/id/eprint/2409
BPS. (2022). Statistik Daerah Kota Pasuruan 2022. 1101002.3575, vi + 62. https://pasuruankota.bps.go.id
Fauzani, M., Akramiah, N., & Sutikno, B. (2018). Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produkpt. Karunia Sentosa Plastik. Jurnal EMA, 2(3), 104–117. https://doi.org/10.47335/ema.v3i2.31
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2018
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada UD. Eva Group Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 16(01), 123–135.
Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk Ukm Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171– 185.
Siburian, A. M. (2020). Implementasi Analisis Swot Dalam Perencanaan Strategi Bersaing Perusahaan Manufaktur Kimia (Studi Kasus Pada PT. ABC). 1(4), 372–384. https://doi.org/10.31933/JIMT
Yunisa, M., & Wirastomo, J. T. (2018). Pengaruh Lokasi, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Limasan Cafe Karawang. 1– 12.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Azizah Nurul Afkarina, Muhammad Ghifary, Eva Mufidah, Bambang Sutikno
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.