PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN RINGAN DI TOKO LIERSNACK DI PASURUAN RAYA

Penulis

  • Tiara Arina Zalsabilah Universitas Merdeka Pasuruan
  • Nurul Akramiah Universitas Merdeka Pasuruan
  • Eni Erwantiningsih Universitas Merdeka Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.327

Abstrak

Teknologi berbasis internet yang melampaui segala tuntutan adalah media sosial. Liersnack mengiklankan produknya di situs media sosial seperti Instagram dan WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi merek dan penggunaan media sosial mempengaruhi pilihan konsumen di toko Liersnack di Pasuruan Raya. Teknik penelitian penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif. Pelanggan toko jajanan Pasuruan Raya merupakan audiens yang dituju. Sasarannya adalah pelanggan toko jajanan yang ada di Pasuruan Raya. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan yang ditargetkan untuk pemeriksaan jahitan, termasuk pemeriksaan jahitan yang disengaja. Sampel ditentukan dengan menggunakan Rumus Hair-et. dengan menggabungkan indikator variabel minimal 5–10 dengan jumlah sampel 55 responden. Analisis yang digunakan adalah uji instrument penelitian berupa uji validitas dan reabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis agresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Toko Liersnack di Pasuruan Raya dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 34,868 > 3,17. Secara parsial media sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,505 > 0,05 dan citra merek dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Koefisien determinan (R2) memperoleh nilai sebesar 0,573, yang menunjukkan bahwa pengaruh media sosial dan harga dapat mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 57,3%,. Sedangkan variabel lain diluar cakupan penelitian ini sebesar 42,7%.

Referensi

Adityo, Benito. 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs Kaskus. https://eprints.undip.ac.id, Diakses pada tanggal 22 april 2015,pukul 13.58

Baso, A., Amiluddin, Kasri, Tasmara, A. F., & Yusuf, D. (2021, Mei). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pempek Ikan Tengiri Di Kota Makassar. Ponggawa, 99 - 107.

Bate'e, M. M. (2019, Juni). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2, 313 - 324.

Danang, Suntoyo. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Mardiansyah, Firman. (2017). Pengaruh Citra Merek, kualitas Layanan, Harga Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Manajemen. Vol, 6. No, 12

Howard, P.N., Parks, M.R. (2012). American Behavioral Scientist, vol. 45 No. 3.

Wijaya, I Wayan Artana. dkk. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra merek Terhadap Keputusan Pembelian Roti Pada Colato Pastry & Bakery Gianyar. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Vol, 1. No, 3

Japlani, A. (2020, November). Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Metro lampung. Manajemen, 14, 168 - 177.

Keller, K. Lane. (2016). Strategi Bauran Pemasaran. Jakarta : indeks

Kotler, Philip, (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2016. Principles of Marketing, edisi 14, new Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P dan Armstrong. 2018. Prinsip – prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Nia Adenia. 2019. “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Offline Pada Toko RR Stuff Di Bengkulu (Studi Kasus Mahasiswa Febi)”. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 20-21.

Pranoto, B. (2008). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Faktor exacta. Vol, 1. No, 2, h 41-46.

Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial di Era Pemasaran 3.0 Corporate and Marketing Communications. Jakarta: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pacasarcana Universitas Mercu buana.

Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.Com. Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9, 1181 – 1187.

Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203-216. https://doi.org/10.33370?jpw.v20i3.246

Rita Astuti. 2021. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gallery Umma Laily)”. Skripsi Politeknik Harapan Bangsa, 10-11.

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Stanton, WJ: M.J Etzel;and B.J. Walker. (2012) Fundamental of Marketing, 10th ed. New York:McGraw-Hill,Inc.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy 2015. Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi.

Yasril Arrafat. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Toko Batik Sri Mulyani Di Solo”. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21-22.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Zalsabilah, T. A. ., Akramiah, N. ., & Erwantiningsih, E. . (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN RINGAN DI TOKO LIERSNACK DI PASURUAN RAYA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema &quot;Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 467–483. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.327