FUNGSI SOSIAL EKONOMI DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI SRI REJEKI JITU KOTA SURABAYA

Penulis

  • Dwiyana Anela Kurniasari Wijaya Putra University
  • Didik Daryanto Universitas Wijaya Putra
  • Siti Alimah Universitas Wijaya Putra
  • Jaka Larasati Abdillah Universitas Wijaya Putra
  • Muhammad Kahvi Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.332

Kata Kunci:

kelompok wanita tani, social-ekonomi, pemberdayaan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki Jitu Kota Surabaya dan (2) menganalisis fungsi sosial ekonomi dalam pemberdayaan  Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki Jitu Kota Surabaya. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya pada Kelompok Wanita Tani Sri Rejeki Jitu. Metode pemilihan sampling adalah dengan sensus, yaitu seluruh anggota Kelompok Wanita Tani Sri Rejeki Jitu yang berjumlah 28 orang. Analisis yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif. Pada analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis kondisi sosial ekonomi perempuan tani dengan indikator tingkat pendidikan, , jumlah tanggungan keluarga, luas lahan dan produksi. Hasil dari penelitian ini adalah Fungsi Sosial Ekonomi Usia dan Pendidikan pendidikan terakhir Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki Jitu dalam pemberdayaan adalah bahwa usia produktif dan pendidikan terakhir dengan jenjang pendidikan tinggi mampu menerima inovasi-inovasi baru karena memiliki pemikiran yang terbuka dan mudah menerima adaptasi inovasi. Hal ini yang mendukung percepatan pemberdayaan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki Jitu. Diharapkan pemerintah, Lembaga Sosial Masyarakat maupun Perguruan Tinggi dapat melakukan pemberdayaan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Rejeki Jitu sehingga dapat meningkatkan lagi kemampuan yang dimiliki para anggotanya.

Referensi

Alyas. Rakkub, M. (2017). Strategi Pengembangan UMKM Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros Di Kabupaten Maros). Jurnal sosiohumaniora, volome 19, No. 12.

Marvel, M,R., Davis, J.L., Sproul, C.R. (2016). Human Capital And Entrepreneurship Research: A Critical Review And Future Directions. Entrepreneurship Theory And Practice, 40(3), 599-626.

Nafiah, L. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dusun Ngelerejo Melalui Pengolahan Limbah Konveksi Menjadi Kerajinan Keset Berbasis Sustainability Livelihood. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(2)

Alrasyid, Rahmat (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Lahan Pekarangan Melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 321.

Anggito, Albi (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Astrini, Danti. (2021). Dampak Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani Terhadap Kesejahteraan Keluarga: Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Pendopo 6. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9 (2), 419.

Eryadini, Ninnies (2021). “Pengaruh pemberdayaan perempuan terhadap peningkatan ekonomi produktif”. journal of education and religious studiee (JERS), 01 (01), 23.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Kurniasari, D. A. ., Daryanto, D. ., Alimah, S. ., Abdillah, J. L. ., & Kahvi, M. . (2023). FUNGSI SOSIAL EKONOMI DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI SRI REJEKI JITU KOTA SURABAYA. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 10(1), 484–491. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.332