FEMINISME WANITA KARIR DALAM KELUARGA PADA MASA PANDEMI

Penulis

  • Khusnul Khotimah Universitas Wijaya Putra
  • Fadhilah Dwi Widianti Universitas Wijaya Putra
  • Nizar Gani Ardiansyah Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.69

Kata Kunci:

Feminisme, wanita karir, Pandemi Covid-19

Abstrak

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis feminisme wanita karir pada masa pandemi covid-19 ini. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana feminisme wanita karir dalam menjalankan aktivitas mereka selain menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga yang mengurus suami dan anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang disebarkan  melalui google formulir kepada sumber data (informan). Intsrumennya berupa panduan wawancara . Informan ada 15 orang yang berasal dari kalangan dosen,guru non PNS,PNS,pegawai dan wiraswasta.

Hasil menunjukkan bahwa  informan merasa kesulitan pada masa pandemi covid-19 ini dengan tambahan peran sebagai guru pendamping untuk anak-anak yang sedang belajar di rumah. Ada kesulitan membagi waktu  karena jam belajar anak sama dengan jam kerja Ibu.

Berdasarkan cara informan dalam mengatasi hal tersebut yaitu salah satunya tetap membagi waktu secara efektif dan efisien serta membuat perencanaan pekerjaan setiap harinya. Sehingga hal tersebut dapat terlaksana dengan baik dan seimbang  dalam urusan pekerjaan, rumah tangga, dan tugas belajar anak..

Kata Kunci: Feminisme, wanita karir, Pandemi Covid-19.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-25

Cara Mengutip

Khotimah, K. ., Dwi Widianti, F. ., & Ardiansyah, N. G. . (2021). FEMINISME WANITA KARIR DALAM KELUARGA PADA MASA PANDEMI. Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 8(1), 169–193. https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.69