The PERAN IBU SEBAGAI PENDAMPING ANAK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SAAT PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN SIDOARJO

Penulis

  • Isnaini Rodiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Monicha Puspitasari

DOI:

https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.71

Kata Kunci:

PERAN IBU, KEBIJAKAN PENDIDIKAN MASA PANDEMI, PEMBELAJARAN DARING

Abstrak

Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak dalam keluarga, sehingga ibu memiliki peran yang sangat penting bagi keberhasilan pendidikan anak. Selain mendidik anak, di jaman yang sudah modern saat ini ibu dapat menjalankan peran ganda. Seorang ibu juga dapat mengambil peran sebagai pekerja untuk menunjang perekonomian keluarga ataupun sebagai sarana aktualisasi diri. Kondisi pandemi covid-19 membuat ibu harus berpikir lebih keras, satu sisi dihadapkan dengan tantangan ekonomi akibat pandemi covid, di sisi lain ibu juga dituntut mampu membimbing anak dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran ibu sebagai pendamping anak dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ibu sebagai pendamping anak dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Kabupaten Sidoarjo yaitu mendidik dengan cara mengingatkan jadwal pembelajaran daring dan meluangkan waktu untuk belajar agar mampu menjelaskan materi yang tidak dipahami anak. Membimbing dengan cara memberikan arahan dan bantuan ketika anak mengalami kesulitan belajar. Sebagai fasilitator dengan memberikan fasilitas smartphone dan koneksi internet untuk mendukung pembelajaran daring. Selain itu juga menjadi motivator dalam meningkatkan semangat belajar anak ketika merasa bosan. Namun beberapa ibu tidak menjalankan peran secara maksimal dalam mendampingi belajar anak karena tidak dapat membagi waktu di tengah kesibukan pekerjaan.

Kata Kunci : peran ibu,  kebijakan pendidikan masa pandemi, pembelajaran daring

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-25

Cara Mengutip

Rodiyah, I., & Puspitasari, M. (2021). The PERAN IBU SEBAGAI PENDAMPING ANAK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SAAT PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN SIDOARJO . Seminar Nasional Dan Call For Paper 2023 Dengan Tema "Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Menuju Indonesia Emas 2045&Quot; PSGESI LPPM UWP, 8(1), 194–204. https://doi.org/10.38156/gesi.v8i1.71