PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS DALAM UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES PADA GURU SD NEGERI 19 BANDA SAKTI
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v4i1.340Keywords:
Pelatihan, Aplikasi SPSS, Validitas dan Reliabilitas Tes, GuruAbstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi SPSS dalam uji validitas dan reliabilitas tes yang mana dapat membantu guru untuk memastikan bahwa tes yang digunakan benar-benar mencerminkan materi yang telah diajarkan dan dapat diandalkan untuk mengukur seberapa baik pemahaman siswa tentang materi tersebut. Setiap guru diikutsertakan dalam pelatihan melalui pendekatan kualitatif. pretest, pengenalan konsep, demonstrasi, dan posttest adalah langkah-langkah yang digunakan untuk menyelenggarakan pelatihan dengan pendekatan partisipatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan SPSS sebagai alat untuk mengukur keakuratan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam uji validitas dan reliabilitas tes sulit untuk diterapkan oleh guru dalam proses tes evaluasi hasil pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru kurang memahami penggunaan aplikasi SPSS dan tidak memiliki sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menggunakannya dalam evaluasi pembelajaran. akibat yang kurang signifikan bagi peningkatan kualitas pembelajaran di SD 19 Banda Sakti kota Lhokseumawe dan pengembangan profesional guru.
References
DAFTAR REFERENSI
Alfiatunnisa, E., Khairunnisa, H. Z., Hayati, S., & Maulida, V. L. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kelas 1. 3(2), 29–36.
Basuki, A. T. (2014). Penggunaan SPSS dalam Statistik. Danisa Media, 1, 1–104.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Alidit An Reliabilit Penelitian Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIV Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. In 1 (Ed.), Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Mitra Wacana Media.
Dewi, N. P., Laila, Y., Heffi, R., & Rahmawati, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA / MA ( Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ….) 139 JEP | Volume 4 | Nomor 2 | No. 4(November).
Hikmah, & Muslimah. (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI. Pincis: Palangka Raya International And National Conference on Islamic Studies, 1(1), 345–356. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/520
Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis kualitas instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. 1(2), 130–139.
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Dirāsāt: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2, 192–213.
Sufren, Y. N. (2013). Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Elex Media Komputindo.
Tilaar, H. A. R. (1919). Manajemen pendidikan nasional: kajian pendidikan masa depan. -.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainol Mardhiah, Nia Wardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.