PENDAMPINGAN LITERASI MEMBACA PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH JAWA BARAT

Authors

  • Tomi Enramika universitas islam negeri sulthan thaha saifuddin jambi

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v1i02.130

Keywords:

pendampingan, literasi membaca, guru

Abstract

Membaca merupakan salah satu hal yang penting dalam segala macam proses pembelajaran. Melalui membacalah berbagai  ilmu pengetahuan, yang dapat mengantarkan pada kesuksesan. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan  implementasi  gerakan  literasi  membaca pada guru Madrasah Ibtidaiyyah Jawa Barat melalui  Kegiatan  dilaksanakan empat belas hari dengan metode Blendeed Learning. Melalui   kegiatan-kegiatan   yang   menyenangkan   sebagai upaya  penerapan  gerakan  literasi  membaca,  para  guru menjadi   lebih   antusias   dan   termotivasi   untuk   lebih meningkatkan literasi membaca di madrasahnya.

References

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Handayani, G., Adisyahputra, A., & Indrayanti, R. (2018). Correlation between integrated science process skills, and ability to read comprehension to scientific literacy in biology teachers students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 22-32.

Irianto, P. O., & Febrianto, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (pp. 640-647). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Juhanda, A., & Maryanto, Y. (2018). The emergence of biological problems in electronic school books (bse) class x reviewed from the scientific knowledge domain of scientific literacy. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 121-125.

Kurniawan. (2015). Pelaksanaan program motor keliling TBM Mata Aksara di desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa PLS Vol. 5, 320 No. 8, hal. 321

Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 13-21

Downloads

Published

2022-10-31