IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG RAMAH ANAK SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN ASPIRASI ANAK DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN

Authors

  • Aditya Aulia Al-Azizi Universitas Sebelas Maret
  • Sudibya Sudibya Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i01.167

Keywords:

Anak, Aspirasi, Desa Gunungpring, Kampung Ramah Anak, Kreativitas

Abstract

Lambatnya respon Indonesia sebagai negera berkembang dalam mengambil peran di masa  depan dunia melalui penyiapan kampung ramah anak merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia. Program Kampung Ramah Anak ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai wadah anak dalam menyampaikan aspirasi mereka. Anak-anak juga diajarkan berbagai pesan moral melalui kegiatan dongeng anak. Selain itu anak-anak juga diajarkan untuk meningkatkan kreativitas mereka melalui kegiatan mewarnai dan melukis di pot, serta kegiatan seperti ular tangga edukasi yang melatih pengetahuan anak. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa dusun di Desa Gunungpring berupa “Festival Kampung Ramah Anak” dengan tema “Anak berhak bersuara untuk menyampaikan aspirasi mereka”. Dalam kegiatan ini juga terdapat Kongres Anak di mana anak akan menyampaikan aspirasi mereka melalui cap tangan. Partisipasi dan antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini sangat baik. Dampak dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan anak, meningkatkan kreativitas anak, dan melatih anak untuk berinteraksi sosial dengan teman-teman sebayanya. Kegiatan Kampung Ramah Anak ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dan diharapkan dapat berkelanjutan dan dilaksanakan secara merata dan berkala di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Jawa Tengah untuk ke depannya.

References

Imawati, S. (2018). Evaluasi Pemberlakuan Kampung Ramah Anak Di Rw 02 Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Jurnal Holistika, 24–29. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2236

Komunikasi, E., Usia, A., & Dasar, S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Kampung Ramah Anak Terhadap Etika Komunikasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Rw 03 Kampung Babakan Kalangsari Kota Tasikmalaya. Edutech, 18(3), 289–299.

Lestari, S. (2019). Program Perlindungan Hak Anak Di Kampung Ramah Anak Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara. https://lib.unnes.ac.id/35382/

Ratih, R., & Handika Rahmawan, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kampung Ramah Anak di Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 151–158.

Royani Meisani, D., Khrismawan, B., Hidayati, L., Rahmani Ratri, D., Dewi Jayanti Jilan Putri, A., Neta Yustisiani, A., & Brawijaya, U. (2021). Pemanfaatan Tembok Edukasi Sebagai Sarana Pembelajaran Phbs Di Kampung Ramah Anak. Media Husada Journal of Community Service, 1(2), 67–73. https://ojs.widyagamahusada.ac.id

Rusmiyati, C., & Hikmawati, E. (2018). Implementasi Program Kampung Ramah Anak: dari Kampung Hitam Menuju Layak Anak. Jurnal Pelayanan Kesejahteraan Sosial, 17(2), 165–178.

Sofia, A., Drupadi, R., Syafrudin, U., & Yulistia, A. (2022). Corresponding Author: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Lampung. Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, 7(1), 163. https://doi.org/10.30653/002.202271.48

Suharta, R. B., & Septiarti, S. W. (2018). Pengembangan perlindungan sosial kampung ramah anak di Kota Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.11313

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles