PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KHUSUSNYA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PEMASARAN PRODUK DI ERA DIGITAL DI KELURAHAN TANGKERANG UTARA

Authors

  • M. Adam Anrifa Universitas Riau
  • Said Rizky Febrian Universitas Riau
  • M. Imam Alvien Cenna Alnaza Universitas Riau
  • Fauzi Rahman Universitas Riau
  • Meirika Hardian Universitas Riau
  • Raihani Haura Versha Universitas Riau
  • Salsabila Dwirizky Prananda Universitas Riau
  • Annisa Balqis Universitas Riau
  • Husna Lin Annisa Universitas Riau
  • Ulayya Rizqo Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i2.168

Keywords:

UMKM, Ekonomi, Pemasaran Produk, Digital, Aplikasi Jual Beli

Abstract

Usaha mikro kecil menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang No. 20 tahun 2008. Pandemi Covid-19 yang melanda membuat terhambatnya pergerakan dibidang ekonomi. Daya jual dan beli masyarakat menurun karena adanya pembatasan sosial atau sosial distancing. Jual beli menggunakan aplikasi dan internet sangat banyak digunakan dewasa ini karena lebih luas cangkupannya dan juga mudah dijangkau oleh konsumen. Pembukuan laporan keuangan kini juga mudah untuk digunakan. Tak hanya orang yang paham cara mengatur laporan keuangan yang bisa menggunakannya, kini dengan mudahnya para pelaku UMKM dapat melakukan pembukuan laporan keuangan untuk menyajikan informasi mengenai kinerja UMKM dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

References

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi

Covid-19. Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid19. Jurnal of

Business and Enterpreneurship, Vol. 2 No. 2 April

Utama, ID. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah

(UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. Equilibrium, Vol. 7 No.1

Wibowo, Dimas H., Zainul Arifin, dan Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk

Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 29 (1)

Bakhri, S. & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran

Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Loyalitas Sosial, Vol 2 No.2.

Supriyanto. (2006). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai

Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Pendidikan.

Vol. 3 No (1).

Suci, YR. Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sekolah

Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan.

Mashuri. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM di Era 4.0. Istiqshaduna : Jurnal Imiah

Ekonomi Kita, Vol. 8 No.2.

Downloads

Published

2024-10-20