PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KHUSUSNYA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PEMASARAN PRODUK DI ERA DIGITAL DI KELURAHAN TANGKERANG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i2.168Keywords:
UMKM, Ekonomi, Pemasaran Produk, Digital, Aplikasi Jual BeliAbstract
Usaha mikro kecil menengah adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang No. 20 tahun 2008. Pandemi Covid-19 yang melanda membuat terhambatnya pergerakan dibidang ekonomi. Daya jual dan beli masyarakat menurun karena adanya pembatasan sosial atau sosial distancing. Jual beli menggunakan aplikasi dan internet sangat banyak digunakan dewasa ini karena lebih luas cangkupannya dan juga mudah dijangkau oleh konsumen. Pembukuan laporan keuangan kini juga mudah untuk digunakan. Tak hanya orang yang paham cara mengatur laporan keuangan yang bisa menggunakannya, kini dengan mudahnya para pelaku UMKM dapat melakukan pembukuan laporan keuangan untuk menyajikan informasi mengenai kinerja UMKM dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis.
References
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi
Covid-19. Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi.
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid19. Jurnal of
Business and Enterpreneurship, Vol. 2 No. 2 April
Utama, ID. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. Equilibrium, Vol. 7 No.1
Wibowo, Dimas H., Zainul Arifin, dan Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk
Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal
Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 29 (1)
Bakhri, S. & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran
Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal
Loyalitas Sosial, Vol 2 No.2.
Supriyanto. (2006). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai
Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Pendidikan.
Vol. 3 No (1).
Suci, YR. Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan.
Mashuri. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM di Era 4.0. Istiqshaduna : Jurnal Imiah
Ekonomi Kita, Vol. 8 No.2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.