PENDAMPINGAN MENGAJAR DALAM WUJUD PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI TK RAISYAH PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i01.177Keywords:
Kata kunci : Tri Dharma; Pendidikan; Kelurahan Air DinginAbstract
Kenyataan dalam kebanyakan praktik pendidikan saat ini, pengajaran, hanya menekankan pada tingkat hafalan materi atau mata pelajaran, diikuti dengan pemahaman dan pemahaman yang mendalam yang dapat diterapkan ketika berhadapan dengan situasi kehidupan nyata yang baru. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner dan intrakurikuler sebagai salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bawah bimbingan dosen. KKN menjadi sarana bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan mendampingi guru mengajar merupakan salah satu upaya dalam ikut serta memajukan Pendidikan di Kelurahan Air Dingin. Diawali dengan berdiskusi tentang bagaimana metode mengajar oleh tenaga pendidik di TK Raisyah serta bagaimana mengimplementasikan teknik mengajar tersebut secara efektif dan efisien.
References
ANWAR, NORA. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Gerakan Senam Sehat Ceria Melalui Teknik Modeling Pada Anak Kelompok B Di TK Kartika XX 26 Kota Tengah Kota Gorontalo” 2015: 1–239. http://eprints.ums.ac.id/14213/2/BAB_I.pdf.
Arifin, Zainul. 2018. “Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang.” Journal AL-MUDARRIS 1 (1): 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96.
Humaedi, Humaedi, Andi Saparia, Besse Nirmala, and Ikhwan Abduh. 2021. “Deteksi Dini Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1): 558–64. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368.
Mawarti, Herin, . Masruroh, Sri Banun Titi Istiqomah, and Diah Ayu Fatmawati. 2022. “Pemeriksaan Kesehatan Penglihatan, Pendengaran Dan Gigi Pada Anak Di SD Plus Jombang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 3 (1): 55–62. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.275.
Nofrion, N. 2019. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Universitas Negeri Yogyakarta.
Oktavia, Restu. 20189. “KURANGNYA MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA.” News.Ge, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.
Parhan, Muhamad, and Bambang Sutedja. 2019. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6 (2): 114–26. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165.
Saputri, ATIKA ELZA. 2019. “Senam Sehat Gembira Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Tk Pertiwi Sobokerto.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.