INOVASI MAHASISWA KUKERTA UNRI 2022 DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MELALUI MEDIA KOTAK AJAIB

Authors

  • Ferdy Putra Universitas Riau
  • Citra Charisma Putra Universitas Riau
  • Indah Alisyah Putri Universitas Riau
  • Meylannisa Balqis Universitas Riau
  • M. Fikri Azmi Saputra Universitas Riau
  • M. Rizki Herdi Putra Universitas Riau
  • M. Mubyansa Kurniawan Universitas Riau
  • Raja Mayang Aysha Universitas Riau
  • Reyka Renjani Universitas Riau
  • Saski Frimudya Universitas Riau
  • T.Fahran Hafiz Fitryan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i02.178

Keywords:

Kata Kunci: Kotak Ajaib, Media Pembelajaran, Efektivitas.

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang inovasi media pembelajaran menggunakan kotak ajaib untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sebagai metode pembelajaran perkalian yang baik dan menyenangkan. Media pembelajaran kotak ajaib dibuat untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi dasar mengenal pola bilangan melalui benda-benda pada subtema bacaan tema favorit siswa sekolah dasar. Kegiatan yang dilakukan berupa pembuatan media pembelajaran kotak sulap dengan menggunakan bahan dan dekorasi yang menarik dan mudah ditemukan serta mudah dipahami nantinya oleh sasaran yaitu siswa di SDN 180 Pekanbaru, dalam pembuatan kotak sulap ini bahan-bahan yang mudah didapat digunakan agar nantinya guru dan siswa dapat membuat kotak ajaib ini dengan mudah sebagai media pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah, kegiatan selanjutnya adalah sosialisasi terkait kotak ajaib ini mulai dari cara menggunakannya, cara membuatnya , efektifitasnya sebagai metode pembelajaran dan lain sebagainya sehingga memberikan pemahaman yang pasti tentang kotak ajaib ini sehingga nantinya dapat digunakan dengan baik sebagai media perkalian saat pembelajaran matematika oleh siswa SDN 180 Pekanbaru.

References

Afandi, A. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi pokok perkalian di kelas III SD Negeri 200501 Salambue Kecamatan. (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan) Padangsidimpuan Tenggara.

Andika, S. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Anak. Departermen Pendidikan Nasional.

Cahyani, A. D., & Yuningsih, S. (2021). Sosialisasi Program Gerakan #Pedulisalingingatkan Hadapi Covid-19 Dalam Upaya Membantu Pemerintah Diskominfotik Diwilayah Kelurahan Pondok Kacang Timur. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, 1.

Desyaryani. (2013). Perkalian Rabdologia. http:/.wordpress.com/desyaryai/ mengalikan-bilangan-menggunakan-rabdologia-napiers-bone/com

Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242.

Mulyani, f. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1–8.

Nugroho, Y. B. (2012). Peningkatan Kemampuan Pengurangan Bilangan Menggunakan Alat Peraga Manik-Manik Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri V Tirtomoyo Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.

Putri, A. L. (2021). Pengembangan Media Kotak Cita-Cita Portabel Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tema 6 Kelas Iv Sdn 3 Batu Kumbung. (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Rahman, A. T. (2017). Pengenalan Media Pembelajaran Tajwid Berbasis Flash di SMP Hikmah Teladan Cimahi. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 158–176.

Downloads

Published

2023-10-30