PEMANFATAAN LIMBAH RUMAH TANGGA DAN BAHAN ALAM MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS DI KELURAHAN KEPATIHAN WETAN MELALUI PROGRAM KKN UNS

Authors

  • Sukatiman Sukatiman Universitas Sebelas Maret
  • Intan Puspita Universitas Sebelas Maret
  • Gandung Saputro Universitas Sebelas Maret
  • Nafisah Miftachul Zahra Universitas Sebelas Maret
  • Ahmad Lukito Universitas Sebelas Maret
  • Ahmad Lathuthuv Majid Universitas Sebelas Maret
  • Melysa Noviana Universitas Sebelas Maret
  • Lika Olive Poetri Faradilla Universitas Sebelas Maret
  • Salmita Lutfiah Universitas Sebelas Maret
  • Anugrah Gesang Universitas Sebelas Maret
  • Alviana Hermawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i1.194

Keywords:

eco-enzyme, hand sanitizer herbal, KKN UNS

Abstract

Limbah rumah tangga yang selama ini dianggap tidak memiliki nilai guna dapat menjadi barang bernilai ekonomis apabila dimanfaatkan dengan baik. Selain mengurangi jumlah sampah, pemanfaatan ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terlebih kondisi ekonomi pasca pandemi yang sedang sulit. Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN UNS kelompok 37 yang mengabdi di Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Surakarta mengadakan kegiatan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi eco-enzyme serta pelatihan pembuatan hand sanitizer dengan bahan herbal melalui kegiatan sosialisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pemanfaatan limbah rumah tangga dan bahan alam agar memiliki nilai guna bahkan bernilai ekonomis. (2) meningkatkan perekonomian masyarakat.  Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan sosialisasi dan pelatihan di Pendopo Kelurahan Kepatihan Wetan. Acara ini terdiri dari 2 kegiatan yakni sosialisasi pembuatan eco-enzyme dan hand sanitizer. Berdasarkan partisipasi dan antusiasme masyarakat kegiatan ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah masyarakat mampu memanfaatkan limbah rumah tangga dan bahan alam agar memiliki nilai guna bahkan bernilai ekonomis.

References

Fatimah, C., & Ardiani, R. (2018). PEMBUATAN HAND SANITIZER (PEMBERSIH TANGAN TANPA AIR) MENGGUNAKAN ANTISEPTIK BAHAN ALAMI. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 336-343.

Lamote, H., Arham, z., & Ismaun. (2020). EDUKASI MASYARAKAT TANGGUH DI TENGAH PANDEMI DENGAN PENDISTRIBUSIAN HAND SANITIZER ORGANIK GRATIS. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(2), 46-53.

Puspita, D., Nugroho, K. P., Putra, K. P., & Fretes, F. d. (2022). Produksi Cairan Penyanitasi Tangan Herbal untuk Mengatasi Kelangkaan Produk Komersial di Kota Salatiga. Agri Health, Journal Of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 3(1), 55-61.

Rochyani, N., Utpalasari, R. L., & Dahliana, I. (2020). ANALISIS HASIL KONVERSI ECO ENZYME MENGGUNAKAN NENAS (Ananas comosus ) DAN PEPAYA (Carica papaya L.). 5(2), 135-140.

Downloads

Published

2024-04-25