PEMBUATAN BANK SAMPAH SEBAGAI BANTUAN PEMBAYARAN PAJAK MASYARAKAT DESA PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN

Authors

  • Marimin Marimin Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Adham Mulia Pratista Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Yuliyani Yuliyani Universitas Sebelas Maret
  • Erin Septiana Nurafidah Universitas Sebelas Maret
  • RA Ariesta Kartika Dewi Universitas Sebelas Maret
  • Flaneta Cyszera Bidadari Subekti Universitas Sebelas Maret
  • Zaidan Yusuf Kinayungan Universitas Sebelas Maret
  • Atikah Sofiana Universitas Sebelas Maret
  • Dian Fitria Universitas Sebelas Maret
  • Nanda Febri Anjalika Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i01.198

Keywords:

Bank, Poncowarno, Sampah

Abstract

Kegiatan pembuatan Bank Sampah ini bertujuan untuk memberikan keringanan guna pembayaran pajak masyarakat Desa Poncowarno Kabupaten Kebumen. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metodeĀ  penyuluhan dengan sosialisasi, dan pelaksanaan kegiatan. Partisipasi dan antusiame warga dalam kegiatan cukup baik dan didukung oleh Kepala Desa serta perangkat Desa Poncowarno. Dampak dari adanya pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui Bank Sampah Desa Poncowarno dapat dilihat dari aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Aspek lingkungan dengan adanya Bank Sampah Desa Poncowarno dapat menciptakan lingkungan disekitar rumah warga menjadi lebih bersih, sehat, dan bebas dari sampah. Kegiatan bank sampah juga memberikan dampak pada aspek sosial yaitu menambah keakraban antara pengurus dan anggota. Dampak dari aspek ekonomi dengan adanya penabungan sampah di Bank Sampah yaitu memberikan penghasilan tambahan untuk membantu meringankan biaya Pajak Bumi Bangunan setiap tahunnya.

References

Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyar`akat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya). Jurnal manusia dan lingkungan, 23(1), 136-141.

Bachtiar, H. (2015). Pengembangan bank sampah sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah (studi pada koperasi bank sampah Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Manik. (2003). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambat

Ritzer, George dan Goodman, Douglas J. (2011) Teori Sosiologi Modern. Jakarta, Kencana.

Sucipto, C.D. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Goysen.

Suryani, A. S. (2014). Peran bank sampah dalam efektivitas pengelolaan sampah (studi kasus bank sampah Malang). Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 5(1), 71-84.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles