PENDAMPINGAN BRANDING PRODUK UMKM CERIPING POHUNG RASA GADUNG DESA KRAGILAN, KECAMATAN MOJOSONGO, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i1.202Keywords:
Branding, photo, UMKM, productAbstract
Kragilan merupakan salah satu desa dengan wilayah yang cukup luas di Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang terdiri dari 4 Dusun yang dapat dibilang sudah cukup maju. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, pelaku UMKM di Desa Kragilan banyak memanfaatkan ketersediaan ketela untuk diolah menjadi ceriping. Namun, dengan kemasan dan pemasaran yang masih tradisional, produk mereka tersebut menjadi kurang berkembang dan memiliki lingkup pasar yang sempit. Maka dari itu, diselenggarakan lah program Pendampingan Branding dan Workshop Foto Produk UMKM. Hasil dari program yang telah dilaksanakan tersebut adalah telah dimilikinya brand, logo, kemasan, dan foto produk bagi UMKM di Desa Kragilan. Salah satu pelaku UMKM yang berkesempatan mendapatkan pendampingan tersebut adalah UMKM Ceriping Pohung KWT Sekar Wangi.
References
Pemerintah Desa Kragilan. (2022). Profil Desa. Retrieved from Website Resmi Desa Kragilan: https://kragilanboyolali.site/home/
Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.9063
Servada, I. R. (2019). Peran Ulasan Produk dan Foto Produk yang Ditampilkan Penjual pada Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Pria dan Wanita. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 67-79.
____, _____ (1998). Keputusan Presiden no. 99 tahun 1998. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/59247/keppres-no-99-tahun-1998tanggal 5 Desember 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.