OPTIMALISASI APLIKASI KEUANGAN DALAM MENDUKUNG KEGIATAN ADMINISTRASI DI PONDOK PESANTREN ALMUIN SYARIF HIDAYATULLAH SIDOARJO

Authors

  • Tri Deviasari Wulan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Fajar Annas Susanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Endang Sulistiyani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Heni Agustina Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v1i02.223

Keywords:

pondok pesantren, aplikasi keuangan, macros, pendampingan

Abstract

Pondok Pesantren (Ponpes) Almuin memiliki 18 pengasuh dan 256 santri. Adapun Kegiatan dari Pondok Pesantren Almuin Syarif Hidayatullah adalah MTIT ( Majlis Ta’lim Ilmu Tauhid ), Madrasah Diniyah, TPQ dan Tahfidz. Ponpes Almuin masih baru berdiri, sehingga banyak kegiatan ponpes yang bersifat administrasi masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan banyak kegiatan operasional Ponpes khususnya keuangan yang tidak berjalan dengan optimal. Selain itu, jumlah pengasuh Ponpes yang masih sedikit menjadi salah satu kekurangan bagi Ponpes Almuin untuk mengelola administrasi keuangan dengan optimal. Aplikasi keuangan berbasis macros excel digunakan sebagai solusi dari masalah pengelolaan keuangan. Terdapat 2 fitur pada aplikasi keuangan yang dikembangkan yaitu fitur profil dan transaksi. Pedampingan dilakukan kepada dua pengurus pondok pesantren untuk membantu mengoperasikan aplikasi keuangan. Selain itu, sosialisasi tentang aplikasi keuangan juga dilakukan kepada seluruh pengurus pondok untuk memberitahukan manfaat dari aplikasi keuangan dalam pengelolaan administrasi keuangan pondok pesantren. Berdasarkan hasil sosialisasi terdapat peningkatan pemahaman sebesar 60% dalam manfaat aplikasi keuangan pada pengelolaan keuangan pondok pesantren. 

References

Christiani Octovina Hamise, A. J. (2020). Desain Aplikasi Akuntansi Untuk Reseller Online Shop Berdasarkan SAK EMKM Berbasis VBA Macro Microsoft Excel (Studi Kasus Online Shop Roch Store Manado). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 44-57.

Iwan Noor Suhasto, D. K. (2021). Penerapan Aplikasi Laporan Keuangan Pondok Pesantren Berbasis Web. Jurnal MONEX, 150-155.

Norsain, M. F. (2019). Revitalisasi Pelaporan Keuangan Pondok Pesantren. Jurnal Abdiraja, 6-11.

Rizal Fahlefi, M. D. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pengelolaan Keuangan Santri Melalui Penggunaan Software Akuntansi dan Voucher Belanja di Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1463-1469.

Sari Mujiani, M. W. (2022). Pendampingan sistem akuntansi dengan microsoft excel macro untuk penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Academics in action Journal of Community Empowerment.

Yiyin Kabiyo, T. A. (2021). Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Web. Journal of Systems and Information Technology.

Downloads

Published

2022-10-31 — Updated on 2023-05-02

Versions