DESAIN PELATIHAN E MARKETING DI PONDOK AL MUIN SYARIF HIDAYATULLAH

Authors

  • Dike Bayu Magfira Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Firman Yudianto Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Teguh Herlambang Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i1.224

Keywords:

digital, E-Marketing, Promosi, Branding, CSS, Pemrograman

Abstract

Di era Kemajuan teknologi pemasaran makin menjadikan sitem bisnis menjadi berkembang pesat. Memiliki sarana sebagai penyampaian informasi secara digital banyak sekali alternatif dalam penerapannya salahstunya adalah dengan pembuatan website profil suatu bisnis. Dengan meningkatnya kemajuan teknologi di era pasca pandemi, kemunculan pemikiran terhadap penyembaran informasi melalui media digital juga membantu dalam pergerakan peningkatan dunia digital.Melakukan promosi tidak selalu melalui lisan ke lisan, bisa juga ketika seseorang tidak sengaja memberikan kata kunci dalam memasukkan data di internet maka mereka juga akan menemukan media promosi yang mereka cari. Penggunaan E-Marketing ini yang dimaksudkan menjadikan salah satu kemajuan bisnis di era digital, tumbuh seiring meningkatnya kemajuan industri dalam berbagai bidang menjawab keberadaan promosi di era digital, media ini juga sebagai branding terhadap menjalankan pola industri. Salahsatunya yang menggunakan E-Marketing dalam branding kemajuan pengelolaannya adalah Pondok Pesantren Al Muin Syarif Hidayatullah. Penerapan E-Marketing pada instansi pondok pesantren ini menciptakan sarana informasi dan promosi bagi Pondok Pesantren Al Muin Syarif Hidayatullah. Dengan fungsinya sebagai media pengenalan kepada masyarakat berbasis digital akan sangat membantu dalam meningkatkan financial pesantren pada masa yang sangat ramai dalam pengunaan sarana prasarana untuk mendapatkan informasi dengan media digital. Pengembangan aplikasi ini menggunakan cms wordpress dengan bahasa pemrograman CSS untuk mempermudah dalam pengaplikasian kode nya. Pemrograman akan masuk ke kancah pesantren dengan memberikan wawasan baru terkait bahasa pemrograman. Dengan memberikan pengaplikasian kecil akan membatu pembrandingan pondok itu sendiri juga sebagai pengetahuan baru terkait pemikiran tekhnilogi berbasis pengkodean.

References

Herlambang, Teguh, and Firman Yudianto. "Pelatihan E-Marketing Di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo." Community Development Journal 2.1 (2018).

Salim, Agus, Rizqi Putri Nourma Budiarti, and Firman Yudianto. " Rancang bangun aplikasi E-Marketing pendaftaran peserta didik baru (ppdb) madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama (minu) waru II dengan menggunakan codeigniter." national conference for ummah (ncu) 2020. Vol. 1. No. 1. 2020.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Yudianto, Firman, and Fajar Annas Susanto. "design of smartschool webcam security system using raspberry pi with motion detection in smk pgri sukodadi." journal asro-sttal-international journal 11.1 (2020): 202-206.

Yudianto, F., Herlambang, T., & Anggoro, S. D. (2022, January). Pelatihan Desain Pembuatan E-Marketing di PT Abisakti Surya Megakon. In SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2022 (Vol. 1, No. 1, pp. 703-710).

Downloads

Published

2024-04-25