EDUKASI DAN PENDAMPINGAN KEPADA SANTRI PPAI DARUN NAJAH DALAM PEMANFAATAN LAHAN SEMPIT DENGAN TEKNIK PENANAMAN VERTIKULTUR

Authors

  • Munawarah
  • ulfa wulan agustina ulfa Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Akhmad Kanzul Fikri
  • Yuyun Bahtiar
  • Muhammad Lutfi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Moch Hanafi Salim Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ahmad Aliyudin Al-amin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i02.229

Keywords:

Vertikultur, santri, edukasi

Abstract

Kondisi lapangan di pondok pesantren Darun Najah yang mana kawasan pondok telah dipenuhi oleh gedung-gedung pondok dan tidak ada lahan kosong untuk dimanfaatkan, maka dari itu teknik penanaman vertikultur merupakan pembelajaran yang paling cocok untuk diterapakan dipondok pesantren Darun Najah, karena tidak hanya edukasi pertanian yang akan didapat oleh para santri akan tetapi santri akan semakin terampil, kreatif dan tahu bagaimana cara memanfaatkan lahan sempit untuk pertanian. Pelaksanaan adanya Program Edukasi Dan Pendampingan Santri Pondok Pesantren Darun Najah Dalam Pemanfaatan Lahan Sempit Dengan Cara Teknik Penanaman Vertikultur menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Secara umum, peserta pelatihan sangat antusias dalam kegiatan ini. Selama proses pelatihan berjalan, peserta aktif bertanya dan juga saling berbagi informasi.

References

Adam CR, Early MP, Brook JE, Bamford KM. 2015. Principle of Horticulture.Routledge, London. Pp 277

Barbosa GL, Gadelha FDA, Kublik N, Proctor A, Reichelm L, Weissinger E, Wohlleb GM, Halde RU. 2015. Comparison of land, water, and energy requirements of lettuce grown using hydroponic vs. conventional agricultural methods. Int. J. Environ. Res. Public Health 12:6879-6891; doi:10.3390/ijerph120606879.

Murali MR, Soundaria M, Maheswari V, Santhakumari P, Gopal. V. 2011.

Hydroponics, anovel alternative for geoponic cultivation of medicinal plants and food crops. Int. J. Pharm. Bio. Sci. 2(2):286-296.

Roberto K. 2005. How to Hydroponics. Harvard University: Futuregarden Inc.London

Treftz C, Omaye ST. 2015. Comparison between hydroponic and soil systems for growing strawberries in a greenhouse. Int. J. Agr.Ext. 3(3):195-200.

Wahome PK, Oseni TO, Masarirambi MT, Shongwe VD. 2011. Effects of different hydroponics systems and growing media on the vegetative growth, yield and cut flower quality of Gypsophila (Gypsophila paniculata L.). World J. Agr. Sci. 7(6):692-698

Downloads

Published

2023-10-30