PEMBIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPA RAUDHATUL JANNAH DESA JABIREN KECAMATAN JABIRENA RAYA KABUPATEN PULANG PISAU

Authors

  • Nurlita Syafitri IAIN Palangka Raya
  • Nurul Wahdah IAIN Palangka Raya
  • Nur Inayah Syar IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Syabrina IAIN Palangka Raya
  • Mawida Wati IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i01.232

Keywords:

Pembimbingan, membaca Al-Qur’an, TPA Radhatul Jannah

Abstract

Program pengabdian yang dilaksanakan pada TPA Raudhatul Jannah dalam pemebimbingan membaca Al-Qur’an di Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau. Adalah bertujuan untuk: (1) menumbuhkan rasa cinta Al-Qur’an kepada para santri (2). Memberantas buta aksara Al-Qur’an pada santri TPA Raudhatul Jannah di Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau. (3) Sebagai wujud kepedulian tim pengabdi sebagai masyarakat dan dosen dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Pendekatan yang dilakukan pada kegiatan MBKM ini adalah pendekatan langsung, yaitu langsung dibaca tanpa dieja, langsung berhadapan atau tetap meliputi Pembelajaran aktif, Sistematis,Tematis, Fleksibel, Asistensi, Bimbingan kerohanian, Bimbingan keterampilan. Dari hasil pengabdian masyarakat dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa (1) Masih tingginya jumlah angka buta aksara Al-Qur’an pada anak-anak di Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau. (2) Faktor penyebab dari tingginya jumlah angka buta aksara pada anak-anak tersebut adalah lebih kepada faktor internal atau pribadi saja yaitu kurangnya minat dan motivasi untuk terus belajar Al-Qur’an. (3) Pembimbingan khusus dari IQRO sebagai dasar awal yang dianggap efektif digunakan dalam rangka memberantas buta aksara Al-Qur’an pada anak-anak. Dalam MBKM ini. Santri mampu menghafal surah pendek, praktek shalat, adzan, dan memberikan wawasan kepada

santri agar dapat memahami pendidikan Islam secara baik.

References

Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1.

Ismail, I. (2019). Pelatihan dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada TK-TPA At-

Taqwa dalam Mengatasi Buta Aksara Qur’an di Kelurahan Kambiolangi. maspul journal ofcommunity empowerment, 1(1), 1.

Munir, M. B., & Ashoumi, H. (2019). Peran ekstrakurikuler dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an siswa di MA Sunan Kalijaga Pakuncen Patianworo Nganjuk tahun ajaran 2018/2019. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 2(6), 6.

Patimah, S., & Wulandari, D. (2022). bimbingan membaca Al-Qur'an (BMQ) dengan metode dirosa untuk memberantas buta huruf hijaiyah di Desa Benteng. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 6(2), 2. https://doi.org/10.30813/jpk.v6i2.3746

Syafei, A., Natsir, N. F., & Jaenudin, M. (2020). Pengaruh Khatam Al-Qur’an dan Bimbingan Guru terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTS Nurul Ihsan Cibinong Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 2. https://doi.org/10.47467/jdi.v2i2.116

Downloads

Published

— Updated on 2023-04-30

Issue

Section

Articles