PENGEMBANGAN UMKM DAN PARIWISATA TERDAMPAK DI ERA PANDEMI COVID-19 DI DESA DUYUNG KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i01.240Keywords:
wisata pendakian, produk inovatif, pemberdayaanAbstract
Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah terbangunnya identitas wisata “Gunung Mas” dan meningkatnya kunjungan wisatawan di wisata “Gunung Mas”. Permasalahan mitra yaitu kurangnya ketertarikan masyarakat untuk mengunjungi wisata dan masih minimnya media promosi dan branding dari wisata “Gunung Mas”, sektor penyangga (UMKM) yang belum mau membuat inovasi-inovasi untuk produk. Metode pelaksanaan kegiatan melalui pengadaan fasilitas, penyuluhan dan pendampingan mengembangkan wisata pendakian "Gunung Mas‟ secara berkelanjutan, pelatihan dan pendampingan kepada mitra sasaran tentang memasarkan atau mempromosikan sebuah konten di dalam media sosial, serta pelatihan pembuatan produk inovatif. Hasil pelaksanaan kegiatan ini yaitu bertambahnya fasilitas pendakian, terlaksana pelatihan dan pendampingan promosi dan branding wisata serta pembuatan produk inovatif olahan ubi dan jamur, mitra mampu membuat produk yang inovatif dalam bentuk forzen food dan jamur siap konsumsi, branding produk dan label, serta ada peningkatan kunjungan wisatawan sebesar 10%.
Downloads
Published
Versions
- 2023-05-04 (2)
- 2023-05-04 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.