PENERAPAN METODE PSIKOEDUKASI, EXTINTCION, DAN SHAPPING DALAM MENGURANGI PERILAKU MEROKOK

Authors

  • M Vicky Ferdiansyah Universitas Darul Ulum
  • Ratna Roghibatun Nisa UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM
  • Choirun Nisak UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM
  • Anik Zunairoh UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM
  • Ahmad Faruq Ridhoha UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i1.249

Keywords:

kesadaran diri, modifikasi perilaku, psikoedukasi, extension, shapping

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah upaya dalam membentuk satu kesadaran diri bagi individu yang memiliki perilaku merokok dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang dampak negatif dari perilaku merokok. Nantinya akan memberikan program perilaku kepada subjek yang telah berkenan untuk mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini serta menerapkan beberapa metode dalam modifikasi perilaku sebagai alat untuk merubah perilaku merokok dari subjek. Metode perilaku tersebut berupa psikoedukasi, extension, dan shapping. Metode ini buat berdasarkan hasil assesment kemudian disesuaikan dengan program yang akan dilaksanakan. Hasil yang didapatkan, diperoleh kesadaran yang positif dari metode modifikasi perilaku yang diberikan. Kesadaran diri tersebut yang akan membantu individu lepas dari ketergantungannya akan merokok.

References

Elon, Y. malinti, E. (2019) . FENOMENAMEROKOK PADA ANAK USIA REMAJA: STUDI KUALITATIF, jurnal Universitas Advent Indonesia.

Farihah, IN. Aflahani, APE. (2021). PENGARUH MODIFIKASI PERILAKU PENGHAPUSAN (EXTINCTION) PADA PERILAKU MEMBANTING PINTU & MELEMPAR BARANG SAAT MARAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. jurnal. Jurnal Lentera Anak

Kurniati, DY. (2018). PENGARUH HEALTH EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN MENJALANKAN PENGOBATAN MEDIS PADA PASIEN DENGAN SIMPTOM KANKER PAYUDARA DI RUMAH SAKIT ISLAM PKU MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA. jurnal. SCHEMA (Journal of Psychological Research), Hal. 46-55.

Liem, A. (2010). Pengaruh Nikotin Terhadap Aktivitas dan Fungsi Otak Serta Hubunganya Dengan Gangguan Psikologis pada Pecandu Rokok. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Buletin Psikologi Vol.18, No.2, 37-50.

Mahmud, RA. Lilik, S. Setyanto, AT. (2015). PENGARUH PSIKOEDUKASI MENGENAI DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DALAM MENURUNKANKECEMASAN PADA PASIEN DEPRESI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA. jurnal. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Nururrahmah, (2011). PENGARUH ROKOK TERHADAP KESEHATAN MANUSIA. jurnal. Program Studi Kimia, Fakultas MIPA Universitas Cokroaminoto Palopo.

Setyawati, ira. (2022). Self-Awareness Untuk Memperbaiki Diri dan Memperbaiki Hidup.

Downloads

Published

2024-04-25