PENGEMBANGAN KREATIVITAS KARANG TARUNA DI RT 01 RW 04 DUSUN SUMBERAN KELURAHAN BALAS KLUMPRIK KOTA SURABAYA

Authors

  • Deny Kuswahono Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i02.250

Keywords:

budidaya; ikan lele; karang taruna; produktivitas

Abstract

Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengaktifkan kembali organisasi karang taruna melalui kegiatan budidaya ikan lele yang sudah lama vakum dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola usaha mandiri untuk meningkatkan produktivitas anggota karang taruna. Permasalahan mitra yaitu kurangnya kreativitas dan inovasi dari anggota karang taruna dalam membudidayakan ikan lele dan mengelola modal usaha serta kurangnya pemahaman dalam memasarkan produk melalui media sosial. Metode pelaksanaan kegiatan melalui pengadaan fasilitas berupa kolam ikan lele dan bantuan bibit ikan lele serta penyuluhan tentang pengelolaan usaha mandiri mencakup pengelolaan modal usaha dan pemasaran melalui media sosial. Hasil pelaksanaan kegiatan ini yaitu adanya fasilitas budidaya ikan lele dan terlaksananya penyuluhan pengelolaan modal usaha serta pemasaran produk melalui digital marketing sehingga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas anggota karang taruna.

References

Handrianto, Y. (2021). Pemanfaatan Animaker Untuk Peningkatan Kompetensi dan Kreativitas Bagi Organisasi Karang Taruna. Bina Sarana Informatika.

Hasanah, M. (2021). Pendampingan Pelatihan Strategi Marketing Berbasis Digital Pada Perajin Tanggui di Bantaran Sungai Kuin. Jurnal UNLAM.

Husen, Z. (2022). Penyuluhan Pemasaran Hasil Produk Lokal yang Berbasis Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Ngade. JURNAL PEDIMAS PASIFIK.

Munti, N. Y. (2021). Penyuluhan E-Commerce Sebagai Media Promosi Pada Usaha Kecil Menengah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Pahlawan.

Downloads

Published

2023-10-30