PELATIHAN E- MARKETING BAGI UKM PRODUK KORAL DAN IKAN HIAS

Authors

  • Akmal Abdullah Akmal Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan Sulawesi Selatan
  • Sulkifli Sulkifli Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan Sulawesi Selatan https://orcid.org/0000-0002-0476-2462
  • Karma Karma Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i1.303

Keywords:

E- Marketing, Pelatihan, Koral, Ikan Hias

Abstract

Selama ini UMKM Produk Koral dan Ikan Hias  mengalami beberapa permasalahan dalam mengembangkan usahanya. Diantaranya bahwa UKM Produk Koral dan Ikan Hias belum meempunyai media pemasaran digital, belum menampilkan konten produk yang menarik. Kegiatan Pengabdan ini diikuti oleh pelaku UKM yang bergerak dibidang perdagnagan produk koral dan ikan hias yang berada di Kota Makassar. Metode pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pelatihan dan pendampingan serta evaluasi pada awal dan akhir kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian ini terlihat pengetahuan dan ketrampilan para pelaku UKM  yang bertambah setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan tentang E-Marketing,  penerapan strategi pemasaran, pemilihan media yang tepat digunakan oleh pelaku UMKM dalam mempromosikan, memasarkan produknya, serta cara mengembangkan bisnis melalui E-marketing

References

Abdullah, A., Miftahorrozi, M., Hendrawan, H., Raharti, R., Yuliastuti, H., Perikanan, A., Pertanian, P., Pangkep, N., Selatan, S., Economics, I., Ilmu, P., Negara, A., Barat, J., Pembangunan, P. E., Janabadra, U., Yogyakarta, D. I., Komunikasi, P. I., Yogyakarta, U. M., Yogyakarta, D. I., … Selatan, S. (2022). Analisis Peran Pemasaran Melalui Sosial Media , Harga Produk dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Clothing Online Store ). 6(3), 4992–4995.

Akmal Abdullah, Mauli Kasmi, Karma, & Ilyas. (2020). Aplikasi Teknologi Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD); Produksi Ikan Hias Karang Lestari di Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 708–714. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4122

Fadila, A., Sholihah, D. R., & Nugraheni, S. (2021). Pembinaan Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital pada pelaku UKM Kecamatan Ciomas Bogor. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 221. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.782

Fakhrurozi, R. N., Kertahadi, & Riyadi. (2012). Analisis Dan Desain Website E-Commerce Sebagai Media. Analisis Dan Desain Website E-Commerce Sebagai Media Penjualan Elektronik, 1–10.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ismail, M., Murnisari, R., Manajemen, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., Negara, K., Mastrip, J., 59 Blitar, N., & Timur, J. (2017). Analisis Afektivitas Strategi Integrated Marketing Communication guna Meningkatkan Kepuasan Konsumen CV Barisan Nyawiji Meubel Malang. Analisis Afektivitas Strategi Integrated Marketing Communication Guna Meningkatkan Kepuasan Konsumen CV Barisan Nyawiji Meubel Malang, 2(1), 93–106.

Karimah, A., Gumilar, I., & Hasan, Z. (2012). Analisis Prospektif Usaha Budidaya Ikan Hias Ari Tawar di Taman Akuarium Air Tawar (TAAT) dan Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 3(3), 145–156.

Kasmi, M., Asriany, A., Makkulawu, A. R., & Usman, A. F. (2020). Peningkatan Pengelolaan Budidaya Karang Hias Lestari Berbasis Masyarakat. Jurnal Balireso: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 109–123.

Prasetio, A. B., & Kusrini, E. (2012). Ikan Hias Laut: Tantangan Budidaya Dan Peluang Bisnis. Media Akuakultur, 7(2), 84. https://doi.org/10.15578/ma.7.2.2012.84-87

Rusdiana, H., Moh Ali Ramdhani, P. H., & Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, M. (2014). Penerbit CV Pustaka Setia Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/8788/1/Buku Manajemen Operasi.pdf

Wati, L. A., Kartikaningsih, H., Primyastanto, M., Supriyadi, S., & Putri, R. A. C. (2020). EFFECTIVENESS ANALYSIS OF MARKETING SYSTEM ANUGERAH MINA LESTARI SMEs USING FACEBOOK SOCIAL MEDIA. Journal of Aquaculture and Fish Health, 9(1), 11. https://doi.org/10.20473/jafh.v9i1.15292

Downloads

Published

2024-04-25